Andrea Pirlo Ungkap Rahasia Tendangan Bebasnya

Andrea Pirlo dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik di dunia. Pirlo pun ungkap rahasia keberhasilannya tersebut.

Eksekutor tendangan bebas terbaik Italia, Andrea Pirlo, tetap jadi pemain legendaris yang tak terlupakan walau telah pensiun.
Eksekutor tendangan bebas terbaik Italia, Andrea Pirlo, tetap jadi pemain legendaris yang tak terlupakan walau telah pensiun.

Selama karirnya di beberapa klub seperti Inter, AC Milan dan Juventus, Pirlo sudah dianggap sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik. Bersama Sinisa Mihajlovic, Pirlo memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak melalui tendangan bebas di Italia, dengan catatan 28 gol. Catatan tersebut berselisih enam gol dari Alessandro Del Piero di peringkat dua.

Saat ini, Pirlo sudah tak aktif bermain setelah putuskan pensiun awal bulan ini. Ia menilai, tendangan bebasnya merupakan bakat alami dan akui dirinya selalu lakukan ritual khusus membersihkan bola sebelum menendangnya.

“Saya berkata kepada diri saya sendiri, mustahil tak mencetak gol,” ujar Pirlo membahas kebiasaannya saat akan lakukan tendangan bebas.

“Cukup hanya dengan menendang bola melewati pagar betis dan itu menjadi gol. Dalam sepakbola sama halnya dengan kehidupan, akan selalu ada jarak milimeter yang bisa mengubah keadaan, baik dalam gol maupun dalam kehidupan,” tandasnya.

“Ini adalah takdir, bakat alami yang diturunkan orang tua kepada saya. Untuk bisa berada di depan bola, mencari posisi yang pas. Hal itu selalu terlihat sederhana bagi saya, namun mungkin tidak bagi pemain lainnya. Itu benar-benar alami. Saya bahkan melakukannya tanpa berpikir mengenai hal itu,” tambah Pirlo.

“Saya harus persiapkan momen tersebut dengan sempurna. Saya tidak ingin bola terlihat kotor. Saya ingin itu bersih dan cantik. Jadi, saya membersihkannya sebelum saya menendangnya. Saya tidak menendang dengan bagian depan kaki saya, atau bagian dalam, saya lebih menggunakan dua jari di ujung kaki saya,” akunya.

“Saya bahkan sudah membayangkan selebrasi, sebelum bola masuk gawang. Dengan melihat lintasan bola, secara intuisi saya tahu apakah itu akan menjadi gol atau tidak,” tandas Pirlo.

Di samping bakat alami yang dimilikinya, Pirlo juga ungkap cara latihan yang dilakukannya sejak kecil dan sosok yang ia jadikan panutan dalam mengeksekusi tendangan bebas.

“Ketika saya masih kecil, saya biasa menggunakan bola kecil untuk mencoba lepaskan tembakan ke atas sofa, sehingga biasanya bola akan melaju ke sudut jendela,” ujarnya.

“Di Milan, kami punya David Beckham, Ronaldinho, (Clarence) Seedorf dan banyak penendang lainnya. Kami bicara satu sama lain, kami saling menyaksikan satu sama lain dan kami mencuri rahasia [tendangan bebas] satu sama lain,” aku Pirlo.

“Saya biasanya saksikan tendangan bebas Juninho tanpa bisa mengetahui, bagaimana caranya melakukan hal itu. Saya terus berusaha dan berusaha, hingga akhirnya saya punya gaya menendang sendiri. Saya sendirian mencoba semua jenis tendangan bebas,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here