13 Klub Liga Super China Tunggak Gaji Pemain

Liga Super China diwarnai kegaduhan. Pasalnya, 13 klub dikabarkan telah menunggak gaji para pemainnya.

Internasional  - 13 Klub Liga Super China Tunggak Gaji Pemain

Gelaran Liga Super China kini dipenuhi ketidakpastian, karena adanya 13 klub papan atas yang kemungkinan bisa tak bermain di musim depan akibat menunggak gaji para pemainnya.

Klub-klub besar China seperti Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG, saat ini bahkan telah mendapat ultimatum agar segera menyelesaikan tunggakan gaji pemain mereka sebelum 15 Agustus mendatang. Jika telah bayarkan utang mereka ini, klub diwajibkan untuk melapor dan serahkan bukti pelunasan gaji kepada Asosiasi Sepakbola China (CFA). Jika tidak, klub tak akan diperbolehkan ikut kompetisi lagi.

Saat ini, CFA dan Konfederasi Sepakbola Asia telah umumkan 18 nama klub yang dituduh telah menunggak pembayaran gaji pemain mereka. Tigabelas dari 18 klub tersebut, adalah klub-klub yang berlaga di kompetisi teratas China, Liga Super China.

Bahkan termasuk di antara, klub Shanghai Shenhua yang telah merekrut Carlos Tevez dan janjikan gaji 615 ribu Poundsterling atau sekitar Rp10,67 Miliar per pekan untuk mantan pemain Manchester United dan Juventus asal Argentina tersebut.

Tevez jadi bintang asal Amerika Selatan yang hasilkan uang paling banyak di China. Selain Tevez ada pula tiga pemain asal Brasil yang merumput di China, yakni Hulk, Oscar dan Elkeson yang bermain di Shanghai SIPG, klub Liga Super China lainnya yang juga menunggak pembayaran gaji pemain.

The Red Eagles juga diperkuat mantan bek Chelsea dan Real Madrid, Ricardo Carvalho, yang tentunya juga punya gaji lumayan tinggi. Selain itu ada pula mantan pemain Chelsea, Ramires, di Jiangsu Suning.

Internasional  - 13 Klub Liga Super China Tunggak Gaji Pemain

Sang jawara Liga Super China musim lalu, Guangzhou Evergrande, bahkan ikut masuk dalam daftar ke-13 klub penunggak gaji tersebut.

Sebelumnya pada tahun ini, untuk menekan jumlah pemain asing yang bergabung dengan Liga China, administrasi umum olahraga di China telah tetapkan rencana untuk membatasi jumlah pemain asing di setiap klub. Demikian seperti diberitakan The Sun.

Adapun daftar ke-18 klub yang tunggak gaji pemain, adalah:

Liga Super China:
Shanghai Shenhua
Shanghai SIPG
Beijing Guoan
Changchun Yatai
Chongqing Dangdai Lifan
Hebei China Fortune
Guangzhou Evergrande
Guangzhou R&F
Jiangsu Suning
Liaoning Whowin
Shandong Luneng Taishan
Tianjin Quanjian
Tianjin TED

League One:
Beijing Renhe
Dalian Transcendence
Shanghai Shenxin
ShijiazhuangEver Bright

League Two:
Qingdao Jonoon

LEAVE A REPLY