20 Klub Eropa Ini Belum Pernah Terdegradasi

3724

Real Madrid, Barcelona dan Athletic Bilbao jadi tiga klub asal Spanyol yang tak pernah tahu bagaimana rasanya terdegradasi dari kompetisi teratas. Selain ketiga klub itu, masih ada 17 klub lagi di belahan benua biru yang juga tak pernah rasakan lengser ke tier dua.

Internasional  - 20 Klub Eropa Ini Belum Pernah Terdegradasi

Berita Liga Internasional – Dalam semua sejarahnya, banyak yang tim telah ghabiskan waktu mereka di Primera DivisiĆ³n Spanyol. Tapi, sampai saat ini hanya ada tiga klub, yakni Real Madrid, Barcelona dan Athletic Bilbao – yang selalu bermain di kompetisi papan atas.

‘Keberuntungan’ ketiganya pasti membuat kita Hal berpikir mengenai liga lain di seluruh Eropa, dan 17 klub lain yang juga termasuk dalam kategori ini.

Namun, di antara 17 tim tersebut, tidak termasuk tim yang tidak pernah mengalami degradasi dalam beberapa performa. Misalnya saja klub asal Spanyol, Eibar, yang sudah dapat banyak fans baru selama tiga musim terakhir di Laliga. Eibar memang belum pernah mencicipi turun ke divisi Segunda. Tapi, Eibar justru pernah bermain di liga yang lebih rendah dari divisi Segunda tersebut.

Jadi, berapa banyak klub-klub kaya dari Liga Primer yang bisa pertahankan posisi mereka di kompetisi teratas? Bagaimana dengan Italia, Jerman, Prancis, Belanda, Portugal, Yunani, Turki, Belgia dan Skotlandia?

Terlepas dari tiga klub Spanyol itu, apakah kita yakin hanya ada dua klub lain dari lima liga teratas Eropa yang terdaftar sebagai klub yang belum pernah terdegradasi?

Tentu saja, banyak hal yang telah berubah dalam sepakbola. Satu perkembangan besar di Inggris misalnya, adalah dimulainya era Liga Premier pada tahun 1992 silam.

Namun, dengan melihat kembali buku-buku sejarah Divisi Satu, akan terlihat bahwa tim tidak pernah hindari degradasi pada beberapa titik. Hal yang sama berlaku di Prancis, walau Paris Saint-Germain jadi kasus yang menarik saat ini. Klub itu baru berdiri pada tahun 1970, setelah bergabungnya Paris FC dan Stade Saint-Germain,.

Walaupun, setelah dua tahun kemudian tepatnya di tahun 1972, mereka berpisah lagi dengan Paris FC melanjutkan ke divisi pertama dan PSG harus memulai lagi di tingkat ketiga. Lalu, sejak mereka gabung kembali di tahun 1974 (tahun yang sama saat Paris FC keluar dari papan atas) mereka bisa bertahan di kompetisi teratas.

Berikut ini daftar klub yang tak pernah terdegradasi:

Internasional  - 20 Klub Eropa Ini Belum Pernah Terdegradasi

LEAVE A REPLY