3 Pemain, 3 Pelatih Diusir Wasit dalam Pertandingan Ini

Dua tim terkenal asal Argentina ini barangkali ‘sukses’ bukukan rekor pengusiran yang dilakukan wasit dalam sebuah pertandingan. Pasalnya, tiga pemain dari kedua tim dan tiga pelatih mereka diusir keluar lapangan karena terlibat kerusuhan.

Dua tim terkenal asal Argentina ini barangkali ‘sukses’ bukukan rekor pengusiran yang dilakukan wasit dalam sebuah pertandingan. Pasalnya, tiga pemain dari kedua tim dan tiga pelatih mereka diusir keluar lapangan karena terlibat kerusuhan.

Adubola.com – Dua tim terkenal tersebut, Boca Juniors dan River Plate, selama ini dikenal kerap telurkan sejumlah pemain besar yang kemudian berjaya di Benua Biru. Namun, akhir pekan kemarin, dalam sebuah laga persahabatan ‘superclasico’ kedua tim papan atas itu seakan mencoreng sepakbola Argentina karena pengusiran masif yang dilakukan wasit.

Padahal di laga ini, kedua tim tak perlu bermain untuk mengejar poin. Tetapi, para pemainnya malah terlibat dalam perkelahian di lapangan, bahkan sejak awal laga permainan sudah dipenuhi insiden saling jegal. Akibatnya, wasit harus mengusir tiga pemain dan pelatih dari kedua tim yang bertanding.

Dalam laga tradisi tahunan ini, River menang 2-0 atas rival beratnya di Divisi Primera Argentina, Boca Juniors, yang kebetulan menjadi tuan rumah dalam laga yang digelar di sebuah  resort pinggir pantai di Mar del Plata itu. Pertandingan persahabatan ke dua tim ini, digelar selama jeda musim di liga tersebut.

River unggul 1-0 lewat sebuah penalti yang dieksekusi striker River, Sebastian Driussi – yang juga jadi top skorer di liga Argentina. Lalu, sundulan bek River asal Ekuador, Arturo Mina, mengamankan kemenangan River menjadi 2-0.

Adapun pengusiran tiga pemain dan dua pelatih itu berawal dari dijegalkan Driussi di menit 78. Bukan hanya itu, para pemain Boca dengan kasar menampar bagian muka Driussi hingga ia jatuh terpental. Lalu, seorang pemain River lainnya juga mengalami nasib sama dengan Driussi.

Tak terima pemain dan rekan satu timnya, staf pelatih serta para pemain River balik menghajar para pemain Boca. Seketika kerusuhan pun terjadi, melibatkan para pemain dari dua tim dan staf pelatihnya, yang bahkan sulit dilerai ofisial pertandingan yang bertugas.

Para pemain Boca tampaknya memang mangkel dalam melakoni pertandingan. Pasalnya, mereka sudah kehilangan sang pelatih, Guillermo Barros Schelotto, yang diusir di pengujung babak pertama karena berselisih faham.

Lalu, kembaran Guillermo yang juga asistennya di Boca, Gustavo, dan pelatih River, Marcelo Gallardo, ikut diusir keluar lapangan. Pasalnya, kedua pelatih ini dinilai telah membawa tim mereka beristirahat turun minum melewati batas waktu 15 menit. Hal ini jadi peraturan yang lumayan ketat di Argentina.

Internasional  - 3 Pemain, 3 Pelatih Diusir Wasit dalam Pertandingan Ini

Laga itu sendiri dikawal wasit FIFA yang pernah berlaga di Piala Dunia, Nestor Pitana, kemudian mengusir Driussi serta dua pemain Boca, Dario Benedetto dan Juan Insaurralde, menyusul kerusuhan antarpemain yang terjadi di menit ke-78 tersebut.

Walaupun judulnya ‘pertandingan persahabatan’ tapi tampaknya pertarungan ke dua tim sama dengan apa yang juga terjadi pada Desember 2016 lalu. Saat itu, kedua tim yang bersaing berat tersebut, bahkan harus kehilangan lima pemain akibat terlibat kerusuhan di lapangan.

Dalam pertandingan yang digelar 12 Desember itu, River yang jadi tuan rumah dikalahkan Boca, 2-4, di mana dua gol Boca di antaranya dibukukan sang bintang, Carlos Tevez. Dua gol itu jadi gol terakhir mantan pemain Manchester United tersebut sebelum ia hengkang ke China.