5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21

Berikut adalah lima bintang sepak bola muda yang tampil bersinar dengan timnas negara mereka di ajang EURO U-21

Max Meyer
Max Meyer

Turnamen EURO U-21 kini telah memasuki babak krusial dan hanya menyisakan empat tim besar, Inggris vs Jerman dan Italia vs Spanyol. Berikut adalah lima pemain muda yang telah melewati turnamen dengan gemilang.

Internasional  - 5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21
Marco Asensio

Marco Asensio – Timnas Spanyol U-21

Marco Asensio telah mengalami perkembangan pesat bersama Real Madrid. Marco Asensio, tentu dia sensasional dalam pertandingan pertama Spanyol melawan Makedonia, mencetak hattrick dan kadang-kadang terlihat seperti bermain terlalu mudah bersaing dengan pemain lawan.

“Dia adalah pemain yang saat ini bermain dengan sentuhan ajaib,” kata rekan setimnya Dani Ceballos usai pertandingan itu. “Jika dia melanjutkan prestasi ini, bekerja keras dan rendah hati, dia akan melakukan hal-hal besar di di kemudian hari.”

Asensio kini menemukan peluang tampil yang sulit ia dapatkan di Real Madrid, namun saat dia diberi kesempatan, dia mencengkeramnya dengan antusias. Tidak terlalu banyak pemain yang mencetak gol di final Liga Champions sebelum berusia 21 tahun. Pertanyaannya sekarang adalah apakah dia akan diberi kesempatan untuk sepenuhnya menggunakan bakatnya yang luar biasa, di Real Madrid atau di tempat lain?

Internasional  - 5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21
Alfie Mawson

Alfie Mawson – Timnas Inggris U-21

Alfie Mawson harusnya menjadi pemain reguler untuk Swansea tahun depan. Hanya ada segelintir pemain flamboyan dan menarik untuk ditonton di tim klub Inggris selain bek tengah Swansea yang berpatroli di pertahanan mereka ini. Nathan Redmond bisa mengancam gawang lawan, tendangan bebas James Ward-Prowse mematikan dan Tammy Abraham telah menunjukkan mengapa dia begitu didambakan klub besar.

Tapi mungkin pemain paling menonjol di turnamen sejauh ini adalah Alfie Mawson, yang telah menghadirkan lini pertahanan kokoh bersama Calum Chambers di lini belakang Inggris.

Dia berhasil mencetak gol penting melawan Slovakia, mengamankan lini pertahanan Inggris saat terancam akan meninggalkan turnamen lebih awal, tapi pemain ini ada di sana untuk memberikan rasa aman bagi timnya.

Mawson tampak kesulitan beradaptasi di paruh pertama musim lalu, kesulitan berkembang di kancah Liga Primer, namun setelah menemukan bentuk permainannya, dia hebat!

Dia juga tampaknya mengambil peran kepemimpinan bersama timnas Inggris, di dalam dan di luar lapangan.

Internasional  - 5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21
Ruben Neves

Ruben Neves – Timnas Portugal U-21

Setelah melakukan debut untuk tim senior di saat usianya masih 18 tahun di tahun 2015, Ruben Neves kembali dipanggil ke skuad Portugal untuk Euro 2016.

Meski memiliki bakat yang jelas, Neves sebenarnya tidak memiliki musim domestik yang bagus bersama klubnya, FC Porto. Manajer Nuno Espirito Santo tidak yakin padanya dan dia baru menjalani enam pertandingan, sementara Agustus lalu dia terlihat menangis bahagia setelah Nuno membawanya keluar dari bangku cadangan.

Liverpool, Chelsea dan Juventus dikabarkan mengawasi perkembangan Neves dengan sekasama, apalagi setelah penampilannya di Polandia.

Internasional  - 5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21
Lukas Zima

Lukas Zima – Timnas Republik Ceko U-21

Kejuaraan EURO U-21 ini penuh dengan kiper yang sangat menjanjikan. Gianluigi Donnarumma dari Italia tentu saja adalah yang paling terkenal dan paling berbakat; Jordan Pickford sendiri bernilai sebesar 30 juta pounds bagi Everton, Pemain Serbia Filip Manojlovic adalah alasan besar mengapa mereka kalah 1-0 dari Spanyol dalam pertandingan terakhir grup mereka.

Tapi mungkin kiper yang paling menjanjikan di turnamen ini adalah kiper Republik Ceko, Lukas Zima.

Didatangan oleh Genoa pada tahun 2014, Zima telah menghabiskan sebagian besar dari dua tahun pertamanya untuk dipinjamkan ke berbagai macam tim Italia lainnya, namun menghabiskan sebagian besar musim lalu di bangku cadangan Genoa.

Mungkin penampilannya di Polandia bisa meyakinkan Genia, atau malah klub lain, bahwa dia patut dimainkan di starting XI mereka: Lukas Zima menyelamatkan penalti dalam kekalahan 2-0 dari Jerman dan membuat Italia frustrasi.

Internasional  - 5 Bintang Muda Yang Bersinar di EURO U21
Max Meyer

Max Meyer – Timnas Jerman U-21

Sudah menjadi rumor transfer beberapa hari terakhir bahwa Tottenham, Liverpool, Chelsea, berminat memboyong pemain Jerman dan klub Schalke, Max Meyer.

Meyer mungkin telah menjadi pemain luar biasa di turnamen sejauh ini, meski hampir melewatkannya karena serangan flu. Ia seorang playmaker pintar, hal-hal paling baik yang terjadi pada timnya adalah melalui dirinya: tembakan keras dari tepi kotak membuka skor bagi Jerman saat melawan Republik Ceko, dan sejak itu Meyer membuat decak kagum banyak pengamat bola.

“Max telah matang dalam beberapa tahun terakhir,” kata Horst Hrubesch, mantan pelatih Jerman U-21 dan direktur saat DFB saat ini. “Dia tumbuh besar, sangat menyenangkan bahwa dia ingin bertanggung jawab dan memimpin tim, dia memiliki apa yang diperlukan seorang playmaker.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here