Aksi Rasial Bikin Bintang Brasil Ini Menangis

812

Bintang asal Brasil yang berlaga untuk Partizan Belgrade ini tinggalkan lapangan dengan menangis. Sepanjang pertandingan dua kali 45 menit, ia harus alami kekerasan rasial yang dilancarkan suporter lawan.

Internasional  - Aksi Rasial Bikin Bintang Brasil Ini Menangis

Bintang asal Brasil yang berlaga untuk Partizan Belgrade ini tinggalkan lapangan dengan menangis. Sepanjang pertandingan dua kali 45 menit, ia harus alami kekerasan rasial yang dilancarkan suporter lawan.

Adubola.com – Bintang asal Brasil itu, Everton Luiz, tinggalkan lapangan dengan air mata setelah ia alami kekerasan rasial yang sangat mengerikan dari fans klub rival, Rad.

Luiz akhirnya tak tahan lagi setelah di sepanjang pertandingan fans lawan terus-terusan meneriakkan suara yang menyerupai suara monyet, setiap kali pemain berusia 28 tahun itu mendapat bola.

Sebelum pertandingan usai, fans Rad bahkan membentangkan sebuah spanduk yang menyerang Luiz, hingga menyebabkan pertandingan dihentikan.

Ofisial pertandingan dibantu petugas lapangan sampai meminta suporter Rad untuk menghentikan perilaku rasial yang superkejam yang mereka lancarkan dalam pertandingan itu. Tapi, imbauan itu sama sekali tak digubris.

Dan di akhir pertandingan, Luiz lakukan perlawanan dengan menunjukkan satu jari tengahnya ke arah penonton lawan yang akhirnya ditahan pihak kepolisian. “Saya menderita pelecehan rasial di sepanjang 90 menit pertandingan ini, dan saya kecewa dengan sikap pemain tuan rumah, yang mendukung aksi rasial itu. Mereka semua menyerang saya,” tandas Luiz kepada wartawan usai pertandingan.

“Saya akan berusaha melupakan kejadian ini sesegera mungkin. Saya cinta Serbia dan orang-orang di sini, itulah kenapa saya menangis. Tapi, tolong, katakanlah TIDAK untuk rasisme!” Ujarnya.

Dalam pertandingan di kandang Rad, Minggu (19/2), Partizan menang 1-0 dan tetap bertahan di peringkat dua klasemen Liga Super Serbia, enam poin di bawah Red Star Belgrade. Sayangnya, kemenangan ini diwarnai dengan aksi rasial yang memalukan. “Kembali ke realitas sepakbola Serbia. Tapi, Luiz seharusnya tidak memberikan reaksi apa-apa,” tandas pelatih¬†Partizan, Marko Nikolic.

Internasional  - Aksi Rasial Bikin Bintang Brasil Ini Menangis

Nikolic juga menyatakan, Luiz kemungkinan akan terkena sanksi disiplin karena  tunjukkan jari tengahnya ke arah penonton, sebagai reaksi dari apa yang dialaminya. Tetapi, Nikolic menegaskan, ia akan mendesak otoritas sepakbola Serbia agar menghukum juga suporter Rad atas perilaku sakit mereka.

Di sepakbola Serbia saat ini, terjadi ‘kebangkitan’ dari hooliganisme sepakbola, bahkan itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Para suporter biasa teriakkan kata-kata penuh pelecehan rasial, di antaranya saat Timnas Inggris U-21 berlaga di negara itu pada tahun 2012.

Bahkan, sebuah laga kualifikasi Euro 2012 di Genoa harus dibatalkan, setelah fans Serbia mulai menyulut keriburan setelah Italia menang 3-0.

LEAVE A REPLY