Alih-alih Gabung Barcelona, Pelatih Ini Malah Diminta ke Qatar

54

Adubola.com – Pelatih berkepala plontos yang satu ini semula disebut-sebut akan jadi pengganti Luis Enrique di Barcelona. Namun, belakangan, ia malah diminta memandu Timnas Qatar dampingi mantan bintang Blaugrana, Xavi Hernandez.

Internasional  - Alih-alih Gabung Barcelona, Pelatih Ini Malah Diminta ke Qatar

Adubola.com РPelatih berkepala plontos yang satu ini semula disebut-sebut akan jadi pengganti Luis Enrique di Barcelona. Namun, belakangan, ia malah diminta memandu Timnas Qatar dampingi mantan bintang Blaugrana, Xavi Hernandez.

Pelatih itu, adalah pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli. Ia semula diberitakan akan direkrut Barcelona jadi pengganti Enrique. Namun, Qatar sudah lebih dulu meminta Sampaoli untuk melatih skuad tim nasional mereka, yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2022 mendatang.

Rencananya, Qatar bahkan akan mendampingkan Sampaoli dengan Xavi Hernandez – yang nantinya akan diminta untuk menjadi asisten Sampaoli.

Kecuali ada keajaiban, Qatar kemungkinan besar tak akan bermain di Piala Dunia 2018. Pasalnya, saat ini mereka berada di peringkat paling bawah di kualifikasi grup zona Asia. Qatar hanya berhasil menang satu kali di ajang kualifikasi, yakni saat hadapi Timnas Suriah – namun kalah dua kali dari Iran dan Uzbekistan, serta imbang di laga tandang melawan China.

Meski demikian, Qatar secara otomatis bisa bertanding di putaran final Piala Dunia 2022 nanti, di mana Qatar yang akan jadi tuan rumahnya. Tentu saja, hal ini cukup membuat ketar-ketir otoritas sepakbola di negeri kaya-raya tersebut, dan berharap timnya lakukan perubahan agar bisa tampil lebih bagus lagi.

Jorge Sampaoli-lah yang kemudian terpilih sebagai juru taktik yang bakal memoles Timnas Qatar. Pihak Qatar pun bersedia memberi pelatih asal Argentina itu kontrak jangka panjang.

Tampil di putaran final Piala Dunia, tentunya tak pernah dibayangkan Qatar selama ini. Mereka bahkan diyakini akan sulit mewujudkannya jika mereka tidak menjadi tuan rumah ajang empat tahunan itu.

Qatar pun memproyeksikan Xavi Hernandez untuk jadi asisten Sampaoli. Mantan bintang Barcelona itu sangat terkenal di Qatar, karena dia sudah tiga musim terakhir ini membela klub Al Sadd.

Internasional  - Alih-alih Gabung Barcelona, Pelatih Ini Malah Diminta ke Qatar

Di Sevilla, Sampaoli memang tampilkan prestasi yang luar biasa. Ia berhasil membuat Sevilla bertengger di papan atas selama dua musim terakhir.

Sampaoli juga pernah memimpin Chile (2012-2016) kembali meraih gelar juara Copa America, sebelum akhirnya pindah ke Spanyol. Sayangnya, Sampaoli gagal membawa Sevilla melaju ke Liga Champions musim ini, setelah klub itu dikalahkan Leicester City di babak 16 besar.

Namun, upaya Qatar tersebut tampaknya akan alami batu sandungan yang cukup besar. Pasalnya, Sampaoli dikabarkan telah diminta untuk gantikan Edgardo Bauza dan mengasuh Timnas Argentina.

 

LEAVE A REPLY