Arjen Robben Masih Optimis Belanda Lolos

Winger Belanda Arjen Robben masih optimis negaranya lolos ke Piala Dunia, meski dipermalukan Prancis kemarin.

Internasional  - Arjen Robben Masih Optimis Belanda Lolos

Arjen Robben optimis Belanda masih bisa lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia meski kalah telak 4-0 dari Prancis pada Jumat (1/9) WIB.

Hasil itu membuat mereka di ambang eliminasi, dengan Prancis berada di puncak klasemen Grup A dengan raihan 16 poin, sementara Belanda tertinggal enam poin di posisi keempat, dua poin di bawah posisi ketiga Bulgaria.

Di saat yang sama Swedia, yang menduduki posisi kedua klasemen, kalah 3-2 dari Bulgaria. Ini berarti jika Belanda bisa memenangkan tiga laga kualifikasi terakhir mereka, tim Oranje itu masih bisa finish di urutan kedua dan maju ke babak play-off.

Pemenang dari sembilan grup tersebut lolos langsung ke Rusia sementara delapan tim urutan kedua lainnya mengambil bagian dalam playoff dua leg untuk memperebutkan empat tempat lainnya.

“Luar biasa tapi nyata. Kami masih memiliki peluang di tangan kami sendiri dan kami harus meraihnya dengan apapun yang kami miliki,” kata kapten Belanda, Robben setelah laga kontra Paris di stadion Stade de France.

Belanda memainkan 30 menit terakhir dengan 10 orang setelah gelandang Kevin Strootman diusir dari lapangan usai menerima dua kartu kuning berturut-turut namun Robben tidak memberikan alasan apapun.

Dia berkata: “Kami pantas kalah melawan tim yang jauh lebih baik dari kami. Tapi kami kecewa dengan cara kami kalah.”

Pelatih Dick Advocaat mengatakan: “Kami benar-benar tidak hadir dalam pertandingan ini. Di semua level kami tim yang inferior. Itu sudah jelas.”

Belanda akan menjamu Bulgaria di Amsterdam besok sebelum melakukan perjalanan ke Belarusia bulan depan dan pertandingan kandang terakhir melawan Swedia.

“Kita bisa melakukannya. Kami harus tetap percaya diri dan tetap bersikap positif,” tambah mantan bintang Manchester United dan Arsenal, Robin van Persie, tampil pada babak kedua sebagai pemain pengganti. Hal ini menandai kembalinya ia ke dalam skuad tim setelah absen hampir dua tahun lamanya.