Bintang Inggris Terancam Absen di Putaran Final Piala Dunia

Pemain Timnas Inggris, Dele Alli, terancam sanksi FIFA tak bisa bermain dalam empat pertandingan yang bisa membuatnya absen di putaran final Piala Dunia Rusia tahun depan.

Internasional  - Bintang Inggris Terancam Absen di Putaran Final Piala Dunia

Saat ini, Inggris tinggal selangkah lagi lolos kualifikasi Piala Dunia Rusia yang digelar musim panas mendatang. Ini setelah Marcus Rashford mencetak gol kemenangan The Three Lions, 2-1, atas Slowakia di partai lanjutan kualifikasi Grup F.

Tapi, bintang Tottenham Hotspur tersebut menodai keunggulan Inggris kali ini. Dele Alli dituduh telah melecehkan wasit asal Prancis, Clement Turpin, dengan tunjukkan isyarat cabul pada pengadilan lapangan tersebut dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley tersebut.

Namun, pemain berusia 21 tahun itu mengklaim, ia tunjukkan jari tengahnya bukan ke arah wasit Turpin, melainkan pada mantan rekan satu timnya di Spurs, Kyle Walker. Namun, FIFA akan melakukan penyelidikan terkait kasus ini karen Alli dinilai telah menghina pertandingan.

“Hanya untuk memperjelas,” tulis Dele Alli dalam akun Twitter-nya, “isyarat (jari tengah) malam ini adalah lelucon antara saya dan teman baik saya, Kyle Walker! Permintaan maaf atas pelanggaran yang ditimbulkan! Kemenangan hebat 2nite. ”

Sementara pelatih Inggris Gareth Southgate bersikeras tidak melihat peristiwa itu. “Saya tidak melihatnya, tapi saya tahu kalau Kyle dan Dele memang konyol – lalu Dele memberi isyarat itu pada Kyle. Saya tidak tahu bagaimana sudut gambar yang diambil oleh kamera yang menangkap isyarat tersebut, jadi saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak,” tegas Southgate.

“Kedua pemain saya itu memang punya cara berkomunikasi yang aneh, tapi itulah yang mereka katakan saat masalah ini mengemuka,” tambahnya.

Internasional  - Bintang Inggris Terancam Absen di Putaran Final Piala Dunia

Sementara FIFA, bersikap sangat keras atas setiap bentuk pelecehan yang ditujukan kepada pejabat pertandingan. Bahkan skorsing yang bisa dilakukan badan tersebut, tidak akan menyertakan pertandingan persahabatan jelang Piala Dunia digelar.

Lionel Messi sebelumnya juag diberi larangan tampil dalam empat pertandingan, walau akhirnya mendapat keringanan saat banding. Ini setelah Messi dituduh telah menghina hakim garis secara verbal dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Argentina melawan Chile, Maret silam.

Saat ini, Inggris hanya butuh dua poin dari dua pertandingan kualifikasi terakhir mereka untuk bisa lolos ke Rusia. Tapi bagaimana sanksinya nanti, Dele Alli bisa absen dalam dua pertandingan pertama di putaran final nanti.

LEAVE A REPLY