Eks-Bintang Sevilla Ini Akan Jadi Pelatih Timnas

Masih ingat eks-bintang Tottenham Hotspur dan West Ham United, Frederic Kanoute? Mantan pemain Sevilla yang pernah terkena sanksi akibat perlihatkan dukungannya pada Palestina di lapangan, ini dikabarkan akan jadi pelatih tim nasional.

Masih ingat eks-bintang Tottenham Hotspur dan West Ham United, Frederic Kanoute? Mantan pemain Sevilla yang pernah terkena sanksi akibat perlihatkan dukungannya pada Palestina di lapangan, ini dikabarkan akan jadi pelatih tim nasional.

Adubola.com – Frederic Kanoute sudah pensiun dari Timnas Mali sejak 2010. Bahkan ia juga sudah tidak merumput lagi untuk klub – terakhir di Beijing Guoan, sejak 2013 lalu.

Setelah sekian lama namanya tenggelam, striker jangkung ini kembali muncul dan dikabarkan akan jadi pelatih baru Timnas Mali.

Selama ini, mantan bintang di Liga Premier yang pernah mengoleksi 23 gol dalam 39 penampilannya bersama Mali (2004 – 2010), ternyata telah mengikuti kursus kepelatihan. Walaupun, sejauh ini ia belum pernah ditanggap untuk melatih klub manapun.

Pimpinan Asosiasi Sepakbola Mali kini mendaulat Kanoute, 39, sebagai pelatih yang pantas gantikan Alain Giresse. Giresse kemungkinan besar akan mundur usai Mali tampil buruk di ajang Piala Negara-negara Afrika 20167 yang baru lalu.

“Frederic Kanoute jadi opsi serius yang akan gantikan Giresse. Dia akan lengkapi diploma kepelatihannya dalam satu bulan ini,” demikian ungkap sumber di badan sepakbola negara di Afrika barat tersebut.

Presiden badan sepakbola Mali,┬áBoubacar Baba Diarra, benarkan kontrak Giresse akan berakhir pada November mendatang. “Ya, kontrak Giresse memang akan berlaku sampai November nanti, itu semuanya berdasarkan kontraknya. Bisa saja diputus jika kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan. Tak masalah bagi kami jika ingin Giresse mundur,” ujar Baba Diarra.

Kanoute yang asli Mali, sebenarnya lahir di kawasan Lyon, Prancis. Ia juga pernah membela Timnas Prancis pada 1998 – 1999 lalu. Namun, ia putuskan untuk perkuat negara leluhurnya pada tahun 2004 hingga 2010.

Mantan pemain Olympique Lyonnais ini gabung West Ham pada tahun 2000, dan mencetak 29 gol dalam 84 pertandingan, sebelum akhirnya hengkang ke Spurs pada tahun 2003.

Sementara, bersama Sevilla di era 2005 hingga 2012, Kanoute pernah persembahkan trofi Piala UEFA dan dua gelar juara Copa del Rey untuk Sevilla. Ia juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika pada tahun 2007 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here