Offsides Dan Kartu Kuning Akan Dihilangkan

14

Kepala Teknis FIFA, Marco van Basten telah mengungkapkan bahwa ia ingin melakukan perubahan radikal pada aturan sepak bola saat ini.

Internasional  - Offsides Dan Kartu Kuning Akan Dihilangkan

Kepala Teknis FIFA, Marco van Basten telah mengungkapkan bahwa ia ingin melakukan perubahan radikal pada aturan sepak bola saat ini.

Adubola.com, Marco van Basten  – FIFA baru saja memperkenalkan perubahan format jumlah pemain untuk Piala Dunia yang akan berlaku mulai Piala Dunia 2026.

Dalam format baru 48 tim akan ambil bagian dalam turnamen tersebut, dan ini telah menandai perubahan besar-besaran untuk Piala Dunia yang kita belum pernah melihatnya untuk waktu yang lama.

Dan Marco van Basten kini telah mengungkapkan bahwa ia juga memiliki rencana jangka panjang yang lebih untuk dunia sepakbola, yang melibatkan penghapusan aturan yang telah di tempat selama beberapa dekade.

Van Basten merasa bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk menjaga permainan jujur ​​dan dinamis, sementara juga memastikan itu cukup menarik bagi penonton.

“Kita harus terus mencari cara untuk meningkatkan permainan,” kata Van Basten dalam wawancara dengan Sport Bild. “Untuk membuatnya lebih jujur, lebih dinamis, lebih menarik, sehingga apa yang kita tawarkan cukup menarik. Ada banyak variasi yang perlu diuji di tahun-tahun mendatang.”

“Saya sangat ingin tahu bagaimana sepakbola akan berjalan tanpa offside. Aku takut banyak orang akan menentangnya. Tapi saya akan mendukung penghapusan offside itu, karena sepakbola sekarang menyerupai bola tangan. Sembilan pemain ditambah kiper membuat area penalti padat, mirip seperti dinding. Sehingga sangat sulit untuk dapat ditembus.”

Van Basten juga memiliki ide radikal lain. Dia merasa ketimbang memberi kartu kuning, pemain harus diberikan hukuman untuk sementara keluar dari pertandingan, karena ini jauh lebih mengancaman bagi tim yang melakukan keselahan. Dia juga merasa bahwa hukuman itu lebih dari memberikan efek kepada tim yang mendapatkan kartu kuning.”

“Hanya sedikit kegunaan kartu kuning untuk lawan sebagai tim menyerang. Salah satu idenya adalah untuk menggantikan kartu kuning dengan hukuman waktu, dimana seorang pemain yang telah melakukan pelanggaran tak diperbolehkan bermain selama lima atau sepuluh menit. Itu lebih menakutkan bagi tim. Hal menjadi lebih sulit jika 10 pemain melawan 11, apalagi dengan 8 atau 9.”

Ide pria asal Belanda itu tidak berhenti disitu saja, ia memiliki beberapa ide-ide lagi. Salah satunya termasuk mengubah sistem adu penalti ke format yang terinspirasi dari olahraga Hoki, di mana seorang pemain akan menggiring bola dari jarak 25 meter ke arah gawang dan mencoba untuk mencetak gol.

Dia juga mengatakan bahwa ia ingin mengambil inspirasi dari Basket, di mana pemain memiliki jumlah maksimum untuk melakukan pelanggaran. Perubahan lainnya yang ingin dilakukan adalah dengan memberi hukuman kepada pemain yang membuang-buang waktu. Van Basten merasa bahwa banyak tim memanfaatkan sepuluh menit terakhir dengan membuang-buang waktu dan bagi para fans itu tidak menarik.

Untuk mengatasi hal ini, idenya adalah untuk memperkenalkan aturan di mana bola harus bergulir untuk semua 10 menit dari 10 menit terakhir.

LEAVE A REPLY