FIFA Perintahkan Laga 9 Bulan Lalu Ini Diulang

Laga kualifikasi Piala Dunia 2018 ini sudah berlalu 9 bulan lamanya tapi diperintahkan diulang oleh FIFA. Baca alasannya

Internasional  - FIFA Perintahkan Laga 9 Bulan Lalu Ini Diulang

Laga kualifikasi Piala Dunia antara Afrika Selatan vs Senegal akan diulangi setelah wasit yang memimpin pertandingan ini diskorsing seumur hidup oleh FIFA.

Wasit asal Ghana Joseph Lamptey dijatuhi hukuman berat seumur hidup karena “memanipulasi pertandingan”.

Dia memberikan penalti ke Afrika Selatan dalam kemenangan 2-1 mereka pada bulan November tahun 2016 lalu dengan alasan handball namun tayangan ulang rekaman pertandingan menunjukkan bola mengenai lutut bek asal Senegal, Kalidou Koulibaly, bukan tangannya.

Pertandingan tersebut akan dijalankan ulang pada jendela internasional di bulan November 2017.

Lamptey dijatuhi hukuman skorsing seumur hidup pada bulan Maret, namun pada hari Rabu, keputusan tersebut diperkuat lagi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Lamptey, yang juga memimpin laga-laga Olimpiade Rio tahun lalu, menolak tawaran BBC Sport untuk mengomentari soal skorsing ini, yang terjadi setelah satu keluhan dimasukkan oleh Federasi Sepak Bola Senegal.

Senegal dan Afrika Selatan saat ini berada di urutan ketiga dan keempat masing-masing di Grup D Afrika, di belakang Burkina Faso dan Kepulauan Cape Verde. Hanya tim teratas yang lolos ke putaran final tahun depan di Rusia.

Jika kemenangan Afrika Selatan itu dibatalkan maka mereka akan memperoleh nilai satu saja, hasil satu kali draw dan dua kali kalah sejauh ini di klasemen Grup D tersebut.

Sebuah pernyataan dari FIFA mengatakan, “Biro untuk Kualifikasi Piala Dunia FIFA memerintahkan pelaksanaan ulang pertandingan kualifikasi antara Afrika Selatan dan Senegal yang diselenggarakan pada tanggal 12 November 2016. Keputusan ini mengikuti konfirmasi Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang menegakkan hukuman seumur hidup dari wasit pertandingan, Jospeh Lamptey, untuk manipulasi pertandingan, keputusan yang diberlakukan oleh Komite Disiplin dan Banding FIFA. Pertandingan akan diputar ulang pada jendela internasional November 2017, dengan tanggal pasti dikonfirmasi pada waktunya.”

“Seperti yang dinyatakan dalam peraturan FIFA World Cup, keputusan ini mulai berlaku segera namun harus mendapat konfirmasi dari Panitia Penyelenggara untuk Kompetisi FIFA pada pertemuan berikutnya, yang dijadwalkan pada 14 September.”

LEAVE A REPLY