Gagal di AFCON 2017, Pelatih Aljazair Mundur

Pelatih Aljazair, Georges Leekens, mengundurkan diri menyusul tersingkirnya skuad El Khadra di babak penyisihan grup kejuaraan Piala Negara-negara Afrika (AFCON) 2017.

Pelatih Aljazair, Georges Leekens, mengundurkan diri menyusul tersingkirnya skuad El Khadra di babak penyisihan grup kejuaraan Piala Negara-negara Afrika (AFCON) 2017.

Adubola.com – Tim yang juga dijuluki Serigala Gurun ini sebenarnya jadi salah satu tim favorit jelang turnamen tersebut. Dengan diperkuat Riyad Mahrez dan Islam Slimani, secara mengejutkan Aljazair malah tersingkir di pertandingan terakhir babak penyisihan grup, Senin (23/1). Aljazair bahkan tak pernah menang dalam event yang digelar di Gabon itu.

“Untuk kebaikan saya putuskan untuk mundur, walaupun saya melakukannya dengan sangat sedih. Saya berharap ke depannya tim ini akan lebih sukses,” ujar Leekens dalam situs resmi Federasi Sepakbola Aljazair (AFF).

Pelatih asal Belgia berusia 67 tahun itu sebenarnya baru ditunjuk untuk mengasuh skuad Aljazair pada Oktober tahun lalu. Ini jadi kedatangan ke dua Leekens di Timnas Aljazair, setelah sebelumnya ia pernah melatih tim itu juga selama empat bulan pada tahun 2003 silam.

Leekens semula diharapkan bisa membawa Aljazair lebih bersuara di ajang ini, setidaknya saat turnamen itu digelar di Gabon saat ini. Apalagi, skuad Leekens diperkuat Pemain Terbaik Afrika dan BBC, Riyad Mahrez, serta rekan satu timnya, Islam Slimani, bintang FC Porto Yacine Brahimi dan pemain Napoli, Faouzi Ghoulam.

Tapi, tim ini malah tampil buruk dalam turnamen dua tahunan tersebut. Dalam tiga pertandingan di Grup B, Aljazair secara mengejutkan hanya bisa bermain imbang 2-2 melawan Zimbabwe. Saat itu, gol Mahrez di menit 82 berhasil menyelamatkan Aljazair dari kekalahan.

Lalu, hasil tak memuaskan ini diikuti dengan kekalahan 1-2 dari tetangga mereka sesama negara Afrika Utara, Tunisia. Untuk lolos ke perempatfinal, Aljazair pun harus bisa kalahkan Senegal di laga penyisihan terakhir.

Tapi, Aljazair malah bermain imbang lagi, 2-2, kontra Senegal. Akibatnya, Senegal-lah yang berhak melaju dan Aljazair harus angkat koper.

Leekens jadi pelatih ke tiga Aljazair dalam satu tahun terakhir ini. Sebelumnya, mereka diasuh pelatih Milovan Rajevac dan Christian Gourcuff.