Gagal ke Piala Dunia, Begini Nasib Pemain Asing di China

Kegagalan China melaju ke Piala Dunia 2018 memberi pengaruh besar pada pemain asing yang merumput di Negeri Tirai Bambu itu.

Berita Piala Dunia РAkibat kegagalan itu, Asosiasi Sepakbola China (CFA) kini keluarkan aturan baru soal pembatasan belanja pemain asing tepat pada Selasa (20/6) -satu hari setelah transfer musim panas dibuka.

Aturan yang ditetapkan CFA ternyata cukup berat. Pasalnya, klub-klub yang bisa membayar biaya transfer pemain asing senilai 45 juta RMB atau sekitar Rp87,7 Miliar diharuskan pula untuk membayar uang dengan jumlah yang sama kepada CFA. Akibatnya, klub harus keluarkan biaya dua kali lipat untuk transfer seorang pemain asing.

Meski demikian, aturan sama juga diterapkan dalam pembelian pemain lokal. Tetapi, mereka punya plafon nilai kontrak yang lebih rendah, yakni sebesar 20 juta RMB. Hal itupun sudah disosialisasikan CFA kepada 32 klub Liga Super China (CSL) dan Liga Divisi Satu China (CLO).

Dengan aturan baru tersebut, bisa dibayangkan nasib para pemain papan atas Eropa yang selama ini digembar-gemborkan bakal gabung ke China. Tentunya, pemain asing sekelas Diego Costa dan Wayne Rooney yang selama ini dikaitkan dengan sejumlah klub di China, akan sangat sulit untuk ‘wujudkan impiannya’ gabung klub-klub tajir di China. Bahkan mereka diberitakan ‘menjadi tidak mungkin’ untuk pindah ke China, karena biayanya yang akan sangat meroket.

Otoritas sepakbola China sebenarnya sudah keluarkan aturan ketat untuk klub-klub CSL yang ingin datangkan pemain asing. CFA hanya perbolehkan setiap klub hanya bisa daftarkan lima pemain asing, sementara hanya tiga pemain saja yang bisa dimainkan dalam setiap pertandingan. Kebijakan ini akhirnya mendorong klub-klub sepakbola di China untuk lebih prioritaskan para pemain lokal.

Selain itu, aturan pembatasan nilai kontrak pemain asing ini jadi solusi CFA setelah Timnas China hanya bermain imbang 2-2 melawan Timnas Suriah di kualifikasi Piala Dunia 2018 yang baru lalu. Akibatnya, China gagal melaju ke Rusia tahun depan.

CFA menilai, selama beberapa tahun terakhir ini nilai kontrak pemain asing dengan prestasi Timnas China sangat tidak seimbang. Talenta pemain lokal tetap dinilai sangat rendah, dan tak tertular kemampuan dari para pemain asing yang didatangkan dari Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here