Irlandia Utara Tersingkir, Pelatih Diminta Bertahan

Para pemain Timnas Irlandia Utara meminta sang pelatih Michael O’Neill untuk tetap jadi manajer mereka, walau gagal melaju ke Piala Dunia Rusia 2018 mendatang.

Irlandia Utara Tersingkir Pelatih Diminta Bertahan
Irlandia Utara Tersingkir Pelatih Diminta Bertahan

Diungkapkan kapten Irlandia Utara, Steven Davis, rekan-rekan satu timnya senang jika Michael O’Neill tetap menjadi manajer, setelah harapan mereka di Piala Dunia berakhir di tangan Swiss.

Kekalahan agregat 0-1 dari Swiss, termasuk hasil imbang 0-0 pada Senin (13/11) dinihari WIB, membuat Irlandia Utara gagal mencapai putaran final Piala Dunia pertama mereka sejak 1986 silam.

Namun, Irlandia Utara dapat berbesar hati di fase kualifikasi Piala Dunia ini, di mana mereka berhasil selesaikan penyisihan grup di posisi runner-up di belakang Jerman di Grup C.

Davis yang juga kapten Timnas Irlandia Utara itu berharap, O’Neill akan putuskan untuk tetap menjadi bos di timnya, meski ia mengakui banyak negara dan klub lain yang bisa meminta pelatih 48 tahun itu untuk mengambil alih posisi pelatih di tempat mereka.

“Saya bicara atas nama semua orang. Kami ingin dia bertahan bersama kami, dan betapa pentingnya dia bagi kami. Dia punya sedikit waktu untuk tetapkan keputusannya,” kata Davis setelah hasil imbang tanpa gol tadi malam di St-Jacob di Basel, Swiss.

“Negara dan klub lain mungkin akan menaruh perhatian padanya, karena kesuksesan yang kami dapatkan. Tapi dari sudut pandang pribadi, kami benar-benar ingin mempertahankannya,” tambahnya.

Sebelum pertemuan hari Minggu, Iain Dowie mengatakan O’Neill bisa berhenti jika Irlandia Utara gagal mencapai Rusia tahun depan.

Setelah pertandingan, Dowie yang catatkan 59 caps untuk Irlandia Utara, mengaku O’Neill dan Asosiasi Sepakbola Irlandia Utara bisa mendiskusikan mengenai ketersediaan sang manajer dalam waktu dekat.

“Ketika keputusan itu datang, IFA harus memberitahu Michael ‘Sudah ada pendekatan untuk Anda, apakah Anda akan mempertimbangkannya?’,” kata Dowie.

“Michael harus mempertimbangkannya, dia punya waktu sekitar satu bulan atau lebih untuk mengatasi kekecewaan, Anda bisa melihat dia terluka,” tambahnya.

“Apakah saya melihat orang-orang datang untuk Michael? Ya, saya pasti akan melakukannya. Dan itu keputusan yang harus dia buat,” tandas Dowie.

Ketika ditanya apakah O’Neill punya kualitas untuk sukses di level klub, Dowie menjawab, “Tentu saja. Apa yang dia lakukan dari pertandingan pertama sampai kedua bekerja dengan baik, dia mengubah tim”.

“Cara O’Neill memberi energi pada timnya dari keputusan itu ditunjukkan dalam permainan yang penuh energi,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here