Joe Hart Tetap Nomor Wahid!

Joe Hart harus terima nasib disingkirkan klubnya, Manchester City, sejak musim lalu. Tapi, tidak demikian bagi Timnas Inggris yang kini diasuh Gareth Southgate.

Berita Internasional – Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, menyatakan Joe Hart tetap kiper nomor satu di Three Lions. Namun, mantan pelatih timnas yunior ini juga tegaskan, kiper 30 tahun itu harus bisa lewati kompetisi yang lebih ketat dalam skuadnya.

Hart, 30, kebobolan dua gol tendangan bebas pemain Skotlandia dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 akhir pekan lalu. Berikutnya, di pertandingan persahabatan melawan Prancis di Paris, Joe Hart akan diistirahatkan Southgate.

Meski demikian, saat ditanya siapa kiper nomor satu Timnas Inggris bagi Southgate, pelatih 46 tahun itu langsung menyebut nama Hart. “Joe Hart. Dalam banyak pertandingan yang kami lewati, dia tampil sempurna. Tapi, saya tidak mau siapapun merasa hidupnya sudah nyaman,” tegas Southgate, seperti dilansir dalam BBC.

Hart sekali lagi tampil tak meyakinkan saat ia kebobolan dua gol Skotlandia, yang dibukukan dengan cara yang sama oleh satu pemain, Lee Griffiths. Ia juga alami cara kebobolan serupa, saat pemain Timnas Wales, Gareth Bale, membobol Inggris, dan saat gawangnya kebobolan pemain Islandia, Kolbeinn Sigthorsson, di Euro 2016.

Permainan Hart yang baik turun, membuat Southgate akan memberi waktu bemain selama 45 menit, masing-masing untuk kiper Burnley, Tom Heaton, dan kiper Stoke City Jack Butland dalam laga persahabatan kontra Prancis, Selasa (13/6) malam waktu setempat atau Rabu (14/6) dinihari nanti.

Tapi, dikatakan Southgate, rotasi ini jadi sesuatu yang selalu terencana dan bukan reaksi atas penampilan Joe Hart dalam laga imbang 2-2 melawan Skotlandia di Hampden Park. “Kami masuki musim baru dan kami tidak tahu siapa yang akan bermain di klub mana atau siapa yang akan hadir,” ujar Southgate.

“Dalam pertandingan yang harus kami jalankan, Joe telah menjadi primadona bagi kami. Dua gol yang masuk ke gawangnya pada Sabtu lalu, adalah momen kebobolan perdana yang dia biarkan tejadi dalam musim kualifikasi ini,” tambahnya.

“Kami berutang poin padanya dari pertandingan melawan Slovenia, setelah dia lakukan salah satu penyelamatan terbaik yang pernah saya lihat, dan dia sangat berkontribusi kepada tim saat saya jadi manajernya,” ujar Southgate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here