Kasta Tertinggi, Eropa Minta Jatah 16 Tempat

201

Adubola.com – Eropa merasa kasta mereka paling tinggi di dunia sepak bola sehingga minta jatah 16 tempat untuk Piala Dunia 2026. Setujukah kamu?

Internasional  - Kasta Tertinggi, Eropa Minta Jatah 16 Tempat

Adubola.com – Eropa merasa kasta mereka paling tinggi di dunia sepak bola sehingga minta jatah 16 tempat untuk Piala Dunia 2026. Setujukah kamu?

Badan sepak bola Eropa (UEFA) akan meminta garansi diberikan 16 tempat pada Piala Dunia 2026 yang jumlah peserta totalnya diperluas menjadi 48 tim.

UEFA juga akan meminta bahwa negara-negara Eropa yang lolos ke putaran final disimpan terpisah-pisah di grup berbeda pada babak penyisihan tahap pertama.

Turnamen format baru itu akan dimulai dengan babak pertama terdiri dari 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim, dengan 32 tim di dua urutan teratas masing-masing grup akan lolos ke babak sistem gugur.

Tiga belas tim Eropa lolos ke Piala Dunia terakhir di Brasil pada tahun 2014, yang kemudian dimenangkan oleh Jerman.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan permintaan garansi 16 tim asal Eropa merupakan usul yang “realistis”, dan itu adalah keinginannya agar setiap tim Eropa bisa lolos dari putaran pertama.

FIFA diharapkan bisa mengkonfirmasi kuota untuk setiap wilayah pada rapat mereka di bulan Mei.

Ceferin berbicara pada pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, Swiss, Kamis siang WIB. Semua anggota komite setuju dengan proposal itu.

Proposal lain yang disetujui pada pertemuan hari Kamis termasuk:

  • Membatasi masa jabatan presiden UEFA dan anggota komite eksekutif untuk maksimal tiga kali periode yang masing-masing empat tahun.
  • Pemberian keanggotaan komite untuk dua wakil Asosiasi Klub Eropa.
  • Memastikan kompetisi UEFA dipilih melalui proses tender yang transparan.

Anggota FIFA dengan suara bulat mendukung ekspansi Piala Dunia 2026 menjadi 48 peserta pada bulan Januari.

Jumlah pertandingan turnamen akan naik menjadi 80, dari semua 64 laga saja, tapi sang juara hanya akan memainkan tujuh pertandingan saja.

Turnamen akan selesai dalam waktu 32 hari – sebuah batas waktu yang bisa menenangkan klub-klub raksasa Eropa, yang selama ini keberatan dengan perubahan aturan jumlag peserta Piala Dunia karena jadwal internasional yang sudah sangat sibuk.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan Piala Dunia harus “lebih inklusif”, menambahkan: “Sepak bola adalah lebih dari sekedar Eropa dan Amerika Selatan, sepak bola adalah global”, yang merujuk pada keinginannya untuk memasukkan lebih banyak wakil dari Asia dan Afrika.

Berbicara kepada BBC pada saat pengumuman itu, ia mengatakan keputusan tentang siapa yang akan mendapatkan slot kualifikasi tambahan akan “diperiksa secara cepat”.

Dia menambahkan: “Satu-satunya hal yang pasti adalah bahwa setiap orang akan memiliki lebih banyak representasi dari apa yang mereka miliki [saat ini].”

Berbicara pada hari Kamis, Ceferin mengatakan: “Kami dapat mengusulkan ini dan akan kalah suara, tapi kami pikir itu adalah realistis untuk meminta 16 slot setidaknya, ditambah kondisi lain bahwa masing-masing tim asal Eropa berada dalam grup yang berbeda.”

“Kemudian jika memang benar bahwa kami sangat baik, kualitas yang ada di pihak kami, saya pikir ke-16 tim itu bisa lolos [ke babak sistem gugur].”