Lionel Messi Bebas dari Sanksi FIFA

130

FIFA resmi mencabut sanksi kepada Lionel Messi di Timnas Argentina. Ini diputuskan otoritas sepakbola dunia itu setelah banding yang diajukan Messi disetujui dalam sidang di Zurich, Swiss, Kamis (4/5) waktu setempat.

Internasional  - Lionel Messi Bebas dari Sanksi FIFA

FIFA resmi mencabut sanksi kepada Lionel Messi di Timnas Argentina. Ini diputuskan otoritas sepakbola dunia itu setelah banding yang diajukan Messi disetujui dalam sidang di Zurich, Swiss, Kamis (4/5) waktu setempat.

Berita Bola, Liga Internasional – Lionel Messi sebelumnya terkena sanksi larangan bermain bersama Timnas Argentina dalam empat pertandingan, karena dinilai telah menghina asisten wasit saat ia membela Timnas Argentina hadapi Chile, Maret lalu.

Usai ketetapan itu, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) langsung ajukan banding untuk Messi. AFA menilai, sanksi tersebut terlalu berat karena buktinya tidak kuat.

Kini, FIFA telah resmi mencabut sanksi tersebut dalam sidang di Zurich pekan ini. Dalam pernyataannya FIFA ungkapkan, sikap Lionel Messi dalam pertandingan itu memang buruk. Tapi, FIFA pun akui tak punya bukti kuat untuk berlakukan sanksi keras kepada pemain Barcelona tersebut.

“Komite Banding FIFA sudah kuatkan banding yang diajukan AFA atas pemainnya yang bernama Lionel Messi, terkait keputusan Komite Disiplin FIFA yang telah jatuhkan sanksi kepadanya. Setelah sidang Komite Banding temukan adanya kesalahan yang dilakukan Messi karena melanggar kode etik pasal 77 (a),” demikian pernyataan FIFA terkait kasus ini.

Namun, terlepas dari kenyataan itu, Komite Banding menyimpulkan, tak ada bukti yang cukup untuk berikan sanksi yang sesuai. Komite Banding juga tekankan, pentingnya para pemain -siapapun itu, untuk tunjukkan rasa hormat kepada perangkat pertandingan karena ini terkait dengan prinsip fair play dalam sepakbola. Atas keputusan itu pula, sanksi yang telah dijatuhkan kepada Messi pada 29 Maret lalu, beserta denda uang, resmi dicabut FIFA,” lanjut pernyataan tersebut.

Dengan dicabutnya sanksi itu, Messi kembali bisa membela Argentina saat Albiceleste bertemu Uruguay, Venezuela, Peru dan Ekuador di partai lanjutan kualifikasi zona CONMEBOL untuk Piala Dunia 2018.

LEAVE A REPLY