Man United Kembali Jadi Klub Terkaya di Dunia

Manchester United berhasil menyalip Real Madrid dan menjadi tim sepakbola terkaya di dunia, menurut majalah bisnis Forbes.

Internasional  - Man United Kembali Jadi Klub Terkaya di Dunia

Berita Internasional – Manchester United punya kekayaan senilai 3,69 Miliar Dolar AS atau sekitar Rp49 Triliun, dan kembali ke posisi teratas untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Sedangkan Barcelona, berada di urutan ke dua dengan nilai 3,64 Miliar Dolar, atau sekitar Rp48 Triliun. Raksasa Spanyol lainnya, Real Madrid, kini melorot ke posisi ke tiga dengan kekayaan 3,58 Miliar Dolar atau sekitar Rp47,5 Triliun.

Enam tim asal Inggris berada di posisi 10 besar, di mana Manchester City, Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Tottenham Hotspur juga masuk dalam daftar tersebut.

Sedangkan raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, ada di peringkat empat dan juara Serie A Italia, Juventus, ada di urutan ke sembilan.

Real Madrid yang menangkan gelar juara LaLiga dan Liga Champions, berada di posisi teratas selama empat tahun sebelumnya. Tapi, nilai kekayaan mereka kini turun dua persen, sementara Manchester United bertambah 11 persen.

“Kembalinya Manchester United ke posisi teratas daftar klub paling kaya di dunia, menjadi bukti dari kekuatan branding dan pemasaran yang mereka lakukan,” ujar perwakilan Forbes yang juga managing editor di majalah tersebut, Mike Ozanian, seperti dilansir BBC.

Sementara itu, Leicester City yang menangkan gelar juara Liga Premier musim 2015/16, saat ini berada di peringkat 19 daftar tim terkaya di dunia, dan West Ham United ada di posisi 15.

LEAVE A REPLY