Manchester City Selangkah Lagi Pecahkan Rekor Real Madrid

Manchester City selangkah lagi pecahkan rekor Real Madrid dalam hal belanja pemain di satu jendela transfer.

Ini dimungkinkan setelah pelatih City, Pep Guardiola, telah habiskan dana 200 juta Poundsterling atau sekitar Rp3,47 Triliun, dan bisa datangkan lebih banyak pemain. Apalagi, City juga telah habiskan dana lebih dari 300 juta Pounds atau sekitar Rp5,2 Triliun untuk datangkan kiper dan pemain belakang dalam tiga tahun terakhir ini.

Belanja yang dikeluarkan Guardiola ini bisa membuat City mengejar pengeluaran uang belanja Real Madrid dalam satu jendela transfer. Pada musim panas 2009 lalu, presiden Los Blancos Florentino Perez memberi Manuel Pellegrini sebuah keberuntungan kecil untuk membangun kembali raksasa Spanyol tersebut.

Dan, sementara Pep sudah habiskan banyak uangnya untuk datangkan Kyle Walker, Danilo dan Benjamin Mendy – dua bek kanan dan satu bek kiri – Real Madrid malah habiskan sebagian besar uang mereka untuk datangkan satu orang saja, yakni pemenang Ballon d’Or, Cristiano Ronaldo, ke Bernabeu.

Cristiano Ronaldo datang dari Manchester United dengan kontrak yang pecahkan rekor transfer dunia saat itu, yakni sebesar 80 juta Pounds atau sekitar Rp1,38 Triliun. Sementara Kaka, dibeli Madrid dari AC Milan seharga 56 Juta Pounds atau sekitar Rp972 Miliar.

Pada musim panas itu juga, Real Madrid menambah dua pemain lagi yang jadi bagian penting tim Liga Champions dan LaLiga. Madrid datangkan Xabi Alonso yang habiskan dana 30 juta Pounds dari Liverpool, lalu Madrid gelontorkan dana yang sama untuk membawa Karim Benzema dari Olimpique Lyon.

Biaya transfer pemain tentu saja meningkat dalam delapan tahun terakhir, di mana Ronaldo yang saat itu berusia 26 tahun mungkin akan dihargai sekitar 200 juta Pounds. Namun, pengeluaran Guardiola banyak menuai kritik.

Pasalnya, Guardiola habiskan banyak uang untuk datangkan seorang penjaga gawang, yakni 34 Juta Pounds untuk Ederson Moraes, sementara pelatih asal Spanyol itu tetap menuai kritik dan dinilai telah lakukan kesalahan besar dalam pertandingan melawan Manchester United di laga pramusim baru-baru ini.

Lalu, Guardiola juga datangkan Bernardo Silva yang dibeli dari AS Monaco seharga 42,5 juta Pounds, dan jadi satu-satunya pemain menyerang yang Guardiola tambahkan di jendela transfer kali ini. Sementara, pencarian pemain baru membuat Manchester City habiskan lebih dari 300 juta Pounds untuk datangkan kiper dan bek sejak 2013 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here