Piala Afrika Kehilangan Peminat

Pembukaan Piala Afrika 2017 digambarkan penuh warna, penari dan penyanyi terkenal. Tapi satu yang tak terlihat : penonton yang penuhi stadion, Stade de I’Amitie .

Pembukaan Piala Afrika 2017 digambarkan penuh warna, penari dan penyanyi terkenal. Tapi satu yang tak terlihat : penonton yang penuhi stadion, Stade de I’Amitie .

Adubola.com – Pihak penyelenggara tampaknya gagal menjual tiket mereka. Laporan bahwa 70 persen tiket habis terjual pun diklaim sebagai laporan palsu, karena stadion sepi penonton saat pesta pembukaan ajang dua tahunan itu digelar.

Pesta pembukaan Piala Negara-negara Afrika (AFCON) 2017 itu digelar pada Sabtu (14/1) waktu setempat, dan hanya terlihat bangku-bangku kosong di hampir sebagian besar stadion megah tersebut.

Padahal, panitia menggelar atraksi akrobat, penyanyi Akon dan kembang api yang warnai langit Gabon yang cerah. Sayangnya, tak ada sambutan meriah dari penonton di tribun-tribun warna-warni selayaknya pesta pembukaan sebuah event akbar.

Penyelenggaraan turnamen itu sendiri dilaporkan menelan dana sebesar 574 juta Poundsterling atau sekitar Rp9,3 Triliun. Panpel mengaku telah menjual 70 persen tiket. Parahnya, ternyata hanya sedikit saja tiket yang berhasil dilepas panpel.

Suka-cita muncul ketika Gabon dinyatakan akan jadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen ini, setelah terjadinya pemilihan yang kontrovesial tahun lalu.

Tapi untuk para fans yang tak datang di acara pembukaan di Stade de I’Amitie, kabarnya diperbolehkan datang untuk pertandingan perdana usai acara pembukaan antara tuan rumah, Gabon yang diperkuat bintang Borussia Dortmund, Pierre Emerick Aubameyang, dan Timnas Guinea-Bissau.

Turnamen ini juga sempat diwarnai kekacauan saat pemain Republik Demokratis Kongo melakukan aksi mogok, hanya beberapa jam sebelum dimulainya laga pertama. Para pemain Kongo memboikot sesi latihan, Jumat (13/1) lalu, karena masalah bonus yang belum dibayarkan ketiga mereka berhasil tampil sebagai juara ke tiga, dua tahun lalu.

Jika turnamen ini lancar, Kongo akan mainkan laga perdana mereka pada Senin (16/1) pekan depan, melawan Timnas Maroko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here