Asosiasi Klub Eropa Tolak Format Baru Piala Dunia

Asosiasi Klub Eropa (ECA) yang mewakili 220 klub dari 53 asosiasi sepakbola di berbagai benua, termasuk La Liga dan Liga Premier, tolak keputusan FIFA untuk menambah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 tim mulai 2026 mendatang.

Internasional  - Asosiasi Klub Eropa Tolak Format Baru Piala Dunia

Asosiasi Klub Eropa (ECA) yang mewakili 220 klub dari 53 asosiasi sepakbola di berbagai benua, termasuk La Liga dan Liga Premier, tolak keputusan FIFA untuk menambah peserta Piala Dunia dari 32 menjadi 48 tim mulai 2026 mendatang.

Adubola.com – ECA mengungkapkan, tak mengerti apa manfaat untuk mengubah format pelaksanaan Piala Dunia tersebut.

“Kami gagal untuk melihat manfaat dari mengubah format Piala Dunia saat ini, dari 32 tim yang telah terbukti menjadi formula yang sempurna dari semua perspektif,” demikian pernyataan ECA seperti yang dilansir AS.

Selain itu, ECA juga mempertanyakan urgensi dalam mencapai keputusan pengubahan tersebut, dengan menunggunya sampai sembilan tahun untuk penerapan aturan baru tersebut, tanpa keterlibatan stakeholder yang tepat dan terpengaruh oleh perubahan ini,” lanjut pernyataan tersebut.

ECA pun menuduh bahwa keputusan penambahan peserta Piala Dunia di tahun 2026 ini, dilakukan berdasarkan alasan politis, ketimbang alasan olahraga. “ECA sangat menyesalkan, keputusan ini telah diambil di bawah tekanan politik”.

Selanjutnya, asosiasi itu akan menganalisa secara rinci, dampak dan konsekuensi dari format baru tersebut. Hasilnya, akan dibahas dalam pertemuan Dewan Eksekutif FIFA berikutnya yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Januari ini.

 

Sebelumnya diberitakan, Presiden La Liga Javier Tebas menyatakan akan menyeret FIFA ke pengadilan untuk satu keputusan penting yang diambil organisasi dunia itu baru-baru ini terkait Piala Dunia.

Javier Tebas mengaku tak senang dengan keputusan presiden FIFA, Gianni Infantino, untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara.

FIFA baru saja menyetujui secara aklamasi untuk memperluas jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim. Namun keputusan itu akan dibawa ke pengadilan oleh La Liga, karena marah dengan keputusan tersebut.

Marca memahami bahwa kasus ini akan dibawa ke pengadilan di Brussels dan Nyon, dengan FIFA sudah menyadari rencana Tebas ini.

Duaratus sebelas anggota FIFA masing-masing memegang satu suara dalam pemilihan presiden dan 135 dari mereka tidak pernah bermain di Piala Dunia, sehingga perluasan turnamen menjadi 48 peserta berlalu tanpa tantangan sama sekali pada Selasa pagi waktu Eropa.

Dalam format baru nanti, babak penyisihan grup akan dibagi menjadi 16 grup dengan masing-masing grup terdiri dari tiga tim.

Presiden Gianni Infantino telah mengusulkan rencana ekspansi tersebut sebagai bagian dari kampanyenya pada saat ia ingin menduduki jabatan tertinggi di badan sepak bola dunia tersebut tahun 2016 lalu.

Usulan Infantino ini telah memenangkan dukungan dari sejumlah pejabat, termasuk Presiden Federasi Sepakbola Nigeria, Amaju Pinnick, yang mengatakan pada hari Senin bahwa sebagian besar negara-negara Afrika bersemangat tentang hal itu.

Pemenang Piala Dunia Diego Maradona dan Carles Puyol juga mendukung format 48 tim itu, sama halnya dengan manajer Manchester United, Jose Mourinho, yang percaya itu bisa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk para pemain.

LEAVE A REPLY