Piala Konferederasi 2017: Rusia Menang di Laga Perdana

Tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia, raih kemenangan perdana di pertandingan Grup A Piala Konfederasi. Rusia menang meyakinkan 2-0 atas Selandia Baru di St Petersburg.

Piala Konfederasi – Presiden Fifa, Gianni Infantino, membuka turnamen itu secara resmi di St Petersburg Stadium, di mana acara seremonial tersebut dihadiri pula oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin dan pesepakbola legendaris Brasil, Pele.

Dalam laga tersebut, Rusia memimpin berkat gol bunuh diri pemain Selandia Baru, Michael Boxall, di menit 31. Skor ini kemudian digandakan Fedor Smolov di menit 69.

Di Grup A yang berisi Rudia dan Selandia Baru, terdapat pula Timnas Meksiko dan Portugal, yang ikut-sertakan pula penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Sedangkan Grup B, terdapat Kamerun, Chile, Australia dan juara Piala Dunia 2014, Jerman.

Turnamen yang mulai digelar di tahun 2005 lalu, digelar di negara yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia setahun berikutnya.

Namun, laga malam tadi mendapat protes keras dari pemimpin fans fanatik Timnas Rusia, Alexander Shprygin, yang tak bisa masuk ke stadion tempat pertandingan pembuka itu digelar.

Menurut laporan Reuters, pihak otoritas keamanan setempat sudah terapkan tindakan tegas terhadap para fans yang dikhawatirkan akan membuat keributan dalam pertandingan. Shprygin sendiri sudah diberitahu oleh penyelenggara Piala Konfederasi bahwa identitasnya sebagai suporter sudah dibatalkan dan dia tak bisa menonton pertandingan dari stadion. “Tidak ada yang menjelaskan alasannya,” ujarnya kepada Reuters.

Mereka memberi saya ID suporter dan dua jam kemudian (sebelum pertandingan) mereka membatalkannya. Itu tampaknya mereka lakukan dengan sengaja, jadi saya tidak punya waktu lagi untuk ajukan komplen,” tambahnya.

Kemungkinan besar pengusiran Shprygin ini terkait dengan aksi kekerasan sebelum dan selama pertandingan antara Timnas Rusia melawan Inggris di Marseille di Piala Eropa 2016 lalu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here