Pindah Klub Sejauh Mungkin, Ini Dia Jagoannya..

Adubola.com – Sepakbola ini telah berubah secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir. Tak hanya dari segi upah dan biaya transfer yang melejit, tapi juga daya tarik globalnya yang makin luas.

Adubola.com – Sepakbola ini telah berubah secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir. Tak hanya dari segi upah dan biaya transfer yang melejit, tapi juga daya tarik globalnya yang makin luas.

Dengan makin meningkatnya jumlah klub dan kompetisi, saat ini seorang pemain bisa bermain sangat jauh dari klub sebelumnya. Apalagi, jika klub yang ditujunya masuk kategori klub berhasil. Klub itu bisa kedatangan para pemain yang sebelumnya tak pernah diperkirakan.

Beberapa dekade lalu, kompetisi Eropa cenderung terbatas. Terutama untuk raksasa Inggris, Spanyol, Italia, Perancis dan Jerman, yang berarti perjalanan seorang pesepakbola juga menjadi terbatas.

Tapi, saat ini, pertempuran di sepakbola Eropa mengikutsertakan pula klub-klub dari lebih banyak negara lain, termasuk Rusia, Kazakhstan dan Turki. Seorang pesepakbola modern tak hanya harus tunjukkan permainan mereka di lapangan, tapi mereka juga akan dikungkung oleh kemewahan dan ketenaran dari hasil kerja mereka itu, dan tentu saja .. jauhnya perjalanan yang harus mereka lakukan.

Tapi, pemain mana telah lakukan perjalanan terjauh dalam menjajaki karir mereka?

Jawabnya, ternyata, kiper veteran asal Spanyol, Iker Casillas, yang rupanya telah menempuh perjalanan (perpindahan) terjauh dibandingkan pemain lain saat ini. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan Kiwi.

Kiper FC Porto yang pernah membela Real Madrid itu sudah lakukan perjalanan paling jauh, yakni hingga 564.380 mil. Ini melebihi catatan yang dibukukan Xavi Hernandez yang pindah dari Barcelona ke klub Al Sadd, Qatar, yakni sejauh 554.363 mil.

Sedangkan dua bintang LaLiga yang saling berseberangan, yakni Cristiano Ronaldo (dari Manchester United ke Real Madrid) dan Lionel Messi (dari Newell’s Old Boys ke Barcelona) dua-duanya hanya jalani perpindahan sejauh 500.000 mil saja. Begitu juga Francesco Totti dan Zlatan Ibrahimovic bukukan catatan tak jauh dari mereka.

Namun, di sepanjang masa, tidak ada pemain yang sudah lakukan perpindahan karir lebih jauh dari ikon Spanyol, Raul Gonzalez, yakni sejauh 679.425 mil -dari Real Madrid ke Schalke, lalu Al Sadd dan terakhir ke New York Cosmos.

Lalu ada pula Pavel Nedved dan Roberto Carlos, serta Diego Maradona, Zinedine Zidane, Pele dan David Beckham tempati slot berikutnya.

Sejauh ini, jarak tempuh yang luar biasa yang dibukukan Casillas, ternyata cukup untuk melihatnya berada di urutan keempat dalam daftar sepanjang masa, dan saat ini Casillas masih bisa bermain atau pindah klub lagi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here