Rangking FIFA: Peringkat Turun, Tapi Tetap No.1 di Asia

681

Adubola.com – Argentina masih bertengger di posisi teratas daftar Rangking FIFA Februari 2017. Sementara, tim ini masih mendominasi Asia, walaupun posisinya turun satu peringkat.

Internasional  - Rangking FIFA: Peringkat Turun, Tapi Tetap No.1 di Asia

Adubola.com – Argentina masih bertengger di posisi teratas daftar Rangking FIFA Februari 2017. Sementara, tim ini masih mendominasi Asia, walaupun posisinya turun satu peringkat.

Ya, Iran memang turun satu peringkat ke posisi 33 dalam daftar Rangking FIFA bulan Februari, yang dirilis Kamis (9/3). Tapi, menurut pemberitaan Tehran Times, walaupun peringkatnya turun, Iran tetap nomor satu di Asia. Disusul Korea Selatan di peringkat 40, Jepang peringkat 51 dan Australia di peringkat 55.

Posisi Iran masih punya kemungkinan naik di bulan ini, karena Iran masih akan bertanding melawan Qatar pada 23 Maret mendatang di Doha, dan menjamu China lima hari kemudian di Azadi Stadium di Teheran, di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, winger Timnas Iran, Alireza Jahanbakhsh, mengatakan mereka akan lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya untuk hadapi Qatar dan China di dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 tersebut.

“Kami punya dua pertandingan penting, laga tandang melawan Qatar dan China di kandang sendiri. Dengan menangkan dua pertandingan itu, kami bisa perbaiki posisi kami,” ujar Jahanbakhsh.

“Satu hal yang sudah pasti, kami dalam kondisi yang baik dan tidak ada yang kami khawatirkan,” tambahnya.

“Kami juga punya banyak pemain berkualitas, bisa bermain dengan organisasi yang baik dan semangat tinggi. Saya berharap, kami bisa tunjukkan itu semua di Rusia tahun depan,” tandasnya.

Internasional  - Rangking FIFA: Peringkat Turun, Tapi Tetap No.1 di Asia

Sementara itu, Timnas India turun dua peringkat ke posisi 132 dalam daftar Rangking FIFA terakhir. Sedangkan Guyana dan Nigeria masing-masing naik lima dan tiga posisi.

Tim jawara dunia, Jerman, jadi negara Eropa tertinggi dalam daftar itu, yakni di posisi tiga. Sedangkan Chile yang jadi pemenang dua turnamen Copa America terakhir, berada di urutan keempat dan Belgia di posisi lima.

Sebelumnya diberitakan, posisi Indonesia dalam daftar Rangkingg FIFA terus merangkak naik. Dalam daftar rangking FIFA per 9 Maret ini, peringkat Indonesia naik dua tingkat. Saat ini, Indonesia berada di posisi 167 dengan mengantongi 123 poin.

Peringkat Indonesia ini naik walaupun belum ikuti pertandingan internasional apapun sampai saat ini. Peringkat ini bertambah setelah Timnas Indonesia jadi runner-up di Piala AFF 2016 lalu.

Selain Indonesia, peringkat tiga negara Asia Tenggara lainnya juga alami kenaikan. Yakni Malaysia, Singapura dan Kamboja. Sedangkan peringkat empat negara ASEAN lainnya, belum berubah dari posisi bulan lalu, dan empat negara lainnya merosot.

Saat ini, dalam daftar rangking FIFA, Myanmar jadi negara ASEAN yang alami penurunan paling drastis. Myanmar juga menjadi negara anggota yang alami penurunan terburuk. Dalam pernyataan tertulis FIFA disebutkan, Myanmar melorot 13 peringkat ke posisi 172.

Sementara Filipina masih jadi tim terbaik di ASEAN, walau mereka turun dua peringkat ke posisi 124, yang diikuti Thailand di posisi 127.

 

LEAVE A REPLY