Real Madrid Pimpin Daftar Rangking UEFA

Tim-tim Spanyol pimpin daftar rangking yang dikeluarkan UEFA. Dua raksasa LaLiga; Real Madrid dan Barcelona bahkan memimpin daftar tersebut.

Internasional  - Real Madrid Pimpin Daftar Rangking UEFA

Dua tim kota Madrid; Real Madrid dan Atletico, sama-sama memimpin peringkat teratas UEFA musim lalu, sementara raksasa Catalan Barcelona ada di posisi ketiga.

Sedangkan tim papan atas Spanyol lainnya, Sevilla, bertengger di urutan ke enam. Sejauh ini, tim-tim asal Spanyol mendominasi posisi 10 besar peringkat UEFA.

Dalam hal-hal yang dinilai formalitas, Real Madrid berada di puncak peringkat UEFAdan Atletico Madrid ada di posisi dua. Munculnya Los Rojiblancos, menjadi sesuatu yang paling menonjol dari daftar tersebut, meskipun Spanyol memang berhasil tunjukkan dominasinya dalam posisi 10 besar.

Peringkat tersebut merupakan data pertama yang dirilis di jeda musim ini, setelah putaran pertama kualifikasi Liga Europa dan Liga Champions digelar pekan lalu.

Kehadiran Atletico Madrid pada musim 2012/13 telah dibatalkan, karena UEFA hanya perhitungkan lima tahun terakhir. Hal ini tempatkan anak asuh Diego Simeone itu berada di atas Bayern Munchen, yang turun dari posisi dua ke peringkat empat daftar tersebut. Dalam lima tahun terakhir, Atletico memang berhasil mencapai dua final, dua semifinal dan satu kali pertandingan perempatfinal.

Kehadiran empat tim asal Spanyol dalam daftar 10 besar itu juga perlihatkan dominasi LaLiga di Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Tim-tim hebat Spanyol juga sudah enam kali jadi bagian dari delapan kali final di empat tahun terakhir, dan empat kali jadi pemenang; yakni Real Madrid tiga kali dan Barcelona satu kali.

Internasional  - Real Madrid Pimpin Daftar Rangking UEFA

Sementara di Liga Europa, Sevilla dinobatkan sebagai juara dalam tiga dari empat musim terakhir, terhitung dari tahun 2014 sampai 2016.

Di bawah posisi empat besar Spanyol, kita harus turun ke bawah hingga ke posisi 23 untuk temukan tim Spanyol kelima dalam daftar itu, yaitu Villarreal. Di posisi 50 besar, ada Athletic Bilbao, Valencia dan Celta Vigo yang masing-masing duduk di urutan 29, 30 dan 41.

Sesuai urutan liga, Spanyol kantongi keunggulan hingga 25 poin atas Bundesliga. Liga Premier berada di urutan ketiga di atas Serie A Italia, tapi ini karena mereka punya empat tim yang lolos ke babak grup Liga Champions.

LEAVE A REPLY