Rusuh di Derby Rio de Janeiro, Pemain Real Madrid Lolos dari Maut

Derby Rio de Janeiro antara Vasca da Gama melawan Flamengo berakhir rusuh, dan tewaskan seorang suporter. Pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke Flamengo, Vinicius Junior, dikabarkan lolos dari maut.

Internasional  - Rusuh di Derby Rio de Janeiro, Pemain Real Madrid Lolos dari Maut

Buntut dari insiden berdarah di arena sepakbola itu, tuan rumah Vasco da Gama dijatuhi sanksi harus bermain secara tertutup tanpa penonton. Seorang suporter tewas tertembak dalam kerusuhan di pertandingan liga profesional Brasil ‘Campeonato Brasileiro Série A’ melawan Flamengo, 9 Juli lalu.

Saat itu, Vasco kalah 0-1. Perjuangan tuan rumah untuk  mengejar kekalahannya atas Flamengo dalam derby Rio de Janeiro tersebut, dirusak oleh sekerumunan orang yang berkelahi di pengujung laga.

Gelandang Liverpool, Philippe Coutinho, yang  juga mantan pemain Vasco da Gama, berada di tengah-tengah penonton di mana ia hadir sebagai tamu kehormatan klub. “Saya harus minta maaf atas nama Vasco,” ujar presiden klub Vasco da Gama, Eurico Miranda.

“Mereka yang terlibat dalam kerusuhan di sini bukanlah warga Vasco. Mereka tidak pantas jadi suporter Vasco. Mereka pengacau, bandit. Saya tidak mau berikan penjelasan, tapi saya yakin semua ini sudah direncanakan,” tambah Miranda.

Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) ungkapkan, seseorang yang memakai atribut Vasco telah menyebabkan ‘gangguan serius dan lakukan aksi kekerasan’ di lapangan. CBF menambahkan, telah dilakukan penyelidikan terkait insiden itu dan hasilnya telah diungkapkan Pengadilan Arbitrase Olahraga Brasil.

“Dengan mempertimbangkan bahwa keamanan suporter adalah prioritas, maka telah diputuskan untuk melarang kehadiran publik di Stadion Sao Januario (kandang Vasco da Gama) dalam pertandingan sepakbola manapun. Keputusan itu masih menunggu ketetapan dari Pengadilan Arbitrase yang akan menyelidiki lagi kejadian di akhir pekan lalu tersebut,” demikian pernyataan resmi CBF.

Seorang suporter bernama Davi Rocha Lopes dan berusia 27 tahun, tewas dalam bentrokan tersebut. Sementara tiga orang lainnya dirawat di rumah sakit, di mana dua di antaranya menderita luka tembak.

Internasional  - Rusuh di Derby Rio de Janeiro, Pemain Real Madrid Lolos dari Maut

Adapun Philippe Coutinho, sempat diarak keliling stadion berkapasitas 21.000 tempat duduk itu sebelum pertandingan. Sementara perkelahian terjadi di tribun penonton dan di luar stadion di pengujung laga, setelah Flamengo berhasil meraih kemenangan pertama di Stadion Sao Januario dalam 44 tahun terakhir.

Di antara pemain yang melarikan diri dari lapangan di saat suasana sudah chaos dan polisi gunakan gas air mata untuk membubarkan massa, adalah pemain yang baru direkrut Real Madrid berusia 16 tahun, Vinicius Junior. Ia saat ini memang tengah dipinjamkan ke Flamengo setelah resmi pindah ke Santiago Bernabeu pada musim panas ini. Klubnya Flamengo berada di urutan kedua klasemen sementara Brasileiro, sedangkan Vasco da Gama ada di papan tengah.

LEAVE A REPLY