Wasit Kini Bisa Hentikan Laga Jika Terjadi Aksi Rasial

42

FIFA kini beri hak lebih kepada wasit untuk hentikan dan tinggalkan pertandingan. Ini bisa dilakukan wasit jika mereka menyaksikan adanya aksi diskriminasi dari para suporter di Piala Konfederasi 2017 di Rusia nanti.

Internasional  - Wasit Kini Bisa Hentikan Laga Jika Terjadi Aksi Rasial

Berita Internasional – Tindakan itu jadi bagian dari ‘prosedur tiga langkah’ yang ditetapkan FIFA, yang memberi hak kepada para ofisial pertandingan untuk berhenti, menunda, bahkan batalkan pertandingan terkait adanya aksi diskriminasi yang dilakukan suporter.

Otoritas sepakbola dunia itu juga akan menebar para pengamat antidiskriminasi untuk meredam berbagai aksi rasial di tengah pertandingan yang kembali mengemuka beberapa waktu terakhir.

“Ini jadi perubahan mendasar dalam upaya kami berperang melawan diskriminasi,” ujar presiden FIFA, Gianni Infantino, seperti dilansir BBC.

“Kedua inisiatif itu merupakan alat ekstra bagi wasit dan pejabat pertandingan untuk mencegah terjadinya aksi diskriminatif, dan pastikan bahwa atmosfir di stadion mendukung berjalannya permainan yang adil dan saling menghormati,” tambahnya.

Piala Konfederasi 2017 merupakan turnamen internasional edisi ke-10 yang pertemukan para juara dari enam kejuaraan regional, plus negara pemegang trofi Piala Dunia dan negara tuan rumah. Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang, Rusia juga akan menjadi tuan rumah event tersebut.

Sementara itu, dalam turnamen yang kerap disebut sebagai ajang ‘pemanasan’ untuk para peserta Piala Dunia itu, FIFA juga akan kerahkan para pengamat pertandingan FIFA sebagai bagian dari sistem pemantauan yang diterapkannya pada kualifikasi Piala Dunia 2018 dan pertandingan persahabatan yang dipilih.

Mereka akan dikoordinasikan dan dilatih oleh jaringan Football Against Racism in Europe (Fare). Setiap bukti yang mereka kumpulkan akan diteruskan ke komite disiplin FIFA untuk ditinjau dan diambil tindakan yang seharusnya.

FIFA sebelumnya menyebut tingkat rasisme dalam pertandingan Rusia ‘sama sekali tidak bisa diterima’. Para wasit di Rusia sebelumnya mengatakan, mereka mengabaikannya demi kebaikan.

 

LEAVE A REPLY