Wow! AS Monaco Dapatkan Rp 2,6 Trilyun Hasil Jualan Pemain!

Kesuksesan AS Monaco berdampak besar. Mereka memiliki penghasilan jual beli pemain terbesar musim panas ini, mencapai Rp 2,6 Trilyun!

Internasional  - Wow! AS Monaco Dapatkan Rp 2,6 Trilyun Hasil Jualan Pemain!

Bisnis transfer AS Monaco nampaknya berjalan sangat lancar, dengan juara Ligue 1 itu memiliki pendapatan sekitar € 165 juta (Rp 2.6 Trilyun) dalam penjualan pemain musim panas ini.

Benjamin Mendy menjadi bek paling mahal dalam sejarah sepak bola saat ia meninggalkan Stade Louis II untuk bergabung dengan skuad asuhan Pep Guardiola di Manchester City.

Skuad asuhan Leonardo Jardim secara mengejutkan suskes menghentikan dominasi klub kaya raya Paris Saint-Germain untuk memenangkan gelar Ligue 1 musim lalu, dengan banyak pemain mereka akhirnya mendapatkan perhatian dari klub-klub asing.

Tidak mengherankan, pemain mereka diincar oleh banyak tim top Eropa, namun meskipun sejauh ini mereka berhasil menyingkirkan tawaran untuk bakat cemerlang Kylian Mbappe dan Fabinho, tiga tokoh kunci telah pergi dari tim.

Yang terakhir ini adalah bek sayap Prancis, Benjamin Mendy, yang pindah dengan bandrol 57 juta Euro atau Rp 885 Milyar ke Manchester City. Harga itu membuatnya bukan hanya menjadi penjualan termahal di Monaco musim panas ini, tapi ia juga menjadi bek paling mahal sepanjang masa di dunia sepak bola.

AS Monaco telah menjual Bernardo Silva ke City seharga 48 juta Euro atau Rp 745 Milyar, sementara Tiemoue Bakayoko bergabung dengan Chelsea seharga 40 juta Euro atau Rp 621 Milyar di awal jendela transfer.

Selain penjualan raksasa ini, AS Monaco juga melepas sejumlah pemain pinggiran, terutama striker Valere Germain, yang pergi ke Marseille seharga 8 juta Euro atau Rp 124 Milyar. Rekan produk pemuda, Abdou Diallo, menandatangani kontrak dengan Mainz seharga 5 juta Euro atau Rp 78 Milyar.

Sementara itu, Nabil Dirar, pergi ke Fenerbahce seharga 3.5 juta Euro atau Rp 54 Milyar dan Corentin Jean bergabung dengan Toulouse dengan biaya transfer yang sama.

Setelah menghabiskan hanya 51 juta Euro atau Rp 792 Milyar untuk mendapatkan pemain baru seperti Youri Tielemans dan Terence Kongolo, AS Monaco mengalami surplus transfer lebih dari 100 juta Euro musim panas ini.

Dan ingat bahwa bisnis transfer Monaco belum selesai dengan beberapa pemain seperti Fabinho, Djibril Sidibe, Thomas Lemar, hingga Kylian Mbappe, semuanya masih bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi sang juara Ligue 1.