Bos Inggris Tetap Puas Walau Imbang Lagi

Manajer Gareth Southgate yakin, Inggris sekarang punya ‘basis permainan yang kuat’, setelah catatkan hasil imbang 0-0 melawan Jerman dan Brasil di Stadion Wembley.

Inggris berhasil menahan serangan demi serangan tim juara dunia lima kali yang tengah onfire, Brasil, walau tampil tanpa beberapa pemain yang cedera.

Melawan dua tim teratas dunia, manajer Inggris Gareth Southgate mengaku sangat senang dengan ketangguhan timnya saat mereka berupaya letakkan pondasi kokoh jelang Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Joe Gomez hasilkan penampilan mengesankan pada debut penuhnya, saat Brasil kesulitan untuk hancurkan pertahanan tim tuan rumah yang sekali lagi turun dalam formasi 3-5-2.

Inggris bahkan bisa saja meraih gol kemenangan di pengujung laga. Namun, pemain pengganti Dominic Solanke gagal torehkan hasil cemerlang di debut internasionalnya. Ia gagal mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir dalam satu serangan jarak dekat dan gagal taklukkan kiper Alisson Becker.

“Kami memiliki catatan defensif terbaik di Eropa di babak kualifikasi, sekarang kami telah bermain melawan dua tim terbaik di dunia dan catatkan dua clean sheet. Itu memberi kami sesuatu untuk dikembangkan,” ujar Southgate kepada ITV Sport.

“Kami tahu kami harus lebih baik dengan bola daripada malam ini – saya pikir kami sedikit cemas dengan hal itu – tapi kami senang sekarang punya pondasi dasar untuk mulai bekerja dengan permainan kami,” tambahnya.

Bermain tanpa sejumlah pemain pilar yang cedera, Southgate harus kehilangan pemain terbaiknya saat melawan Jerman. Ruben Loftus-Cheek harus ditarik keluar di babak pertama dengan masalah punggung.

Namun, ia tetap senang timnya mampu bertahan dan dapatkan hasil imbang melawan kekuatan penuh Brasil. “Dari segi hati, ketahanan, dan semangat, [penampilan itu] pada dasarnya sudah memuaskan,” kata Southgate.

“Pemain muda banyak bekerja keras. Kami tidak bisa bermain dengan bola sebaik yang kami lakukan malam itu [melawan Jerman]. Malam itu, kami menunjukkan kualitas bagus dengan bola, dan kecakapan defensif,” tandasnya.

“Malam ini kami menunjukkan ketahanan, keberanian dan beberapa defensif yang benar-benar hebat melawan tim papan atas dan saya sangat bangga dengan apa yang tim telah lakukan,” ujar Southgate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here