Italia Kalah Gara-gara Pemainnya Pendek-pendek!

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) salahkan mantan pelatih Gian Piero Ventura atas kegagalan Timnas Italia melaju ke Piala Dunia 2018, di antaranya karena ia salah memilih pemain.

Gian Piero Ventura dinilai paling bertanggung jawab atas tersingkirnya Italia di Piala Dunia Rusia, karena telah lakukan kesalahan di antaranya dalam pemilihan pemain.
Gian Piero Ventura dinilai paling bertanggung jawab atas tersingkirnya Italia di Piala Dunia Rusia, karena telah lakukan kesalahan di antaranya dalam pemilihan pemain.

Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, menilai Gian Piero Ventura jadi orang yang paling bertanggung jawab atas kekalahan, terlebih atas kesalahan komposisi skuad Timnas Italia di laga playoff Piala Dunia melawan Swedia.

Pelatih 69 tahun itu telah dipecat dari tugasnya sebagai juru taktik Gli Azzurri, setelah Italia gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958. Awalnya, Ventura menolak untuk turun dari jabatannya. Namun, dua hari setelah kegagalan tersebut, tepatnya Rabu (15/11) waktu setempat, Ventura pun dipecat FIGC.

Menurut Tavecchio, Ventura lakukan kesalahan mendasar sehingga Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Daniele De Rossi dan Gianluigi Buffon gagal lakoni turnamen terbesar itu untuk terakhir kalinya, sebelum mereka gantung sepatu.

“Sebuah kesalahan teknis soal bagaimana tim dipilih (untuk bermain),” ujar Tavecchio pada Mediaset Premium.

“Saya tidak tidur empat hari. Kami bermain sangat buruk. Kami harus bisa lewati mereka (para pemain Swedia) yang semuanya memiliki tinggi 1,90 meter, melawan para pemain kami yang bertubuh pendek,” tandasnya.

“Bagaimana mungkin dia tidak memilih (Lorenzo) Insigne? Saya tanyakan hal itu pada staf (kepelatihan), tapi bukan ke Ventura langsung, sebab saya tidak bisa mengintervensi. Itu aturannya,” ujar Tavecchio.

Saat ini, beragam nama muncul sebagai kandidat pelatih Timnas Italia yang baru, seperti Carlo Ancelotti, Massimiliano Allegri dan Roberto Mancini.

Menurut Tevecchio, pihaknya telah memiliki daftar kandidat tersendiri untuk dijadikan arsitek Gli Azzurri yang baru. Pihaknya akan pertimbangkan pengalaman para calon pelatih tersebut, mulai dari kontribusinya di level klub sebagai juru taktik.

“Allegri? Anda rada panas. Mancini? Anda kian panas. Conte? Anda bergelora,” tambah Tavecchio.

“Kami sedang mencari nama terbaik yang bisa kami dapatkan. Mereka semua masih terikat kontrak hingga Juni. Kita tunggu Juni nanti, untuk melihat siapa yang tersedia,” tambahnya.

“Mereka semua berada di bawah kontrak bernilai jutaan, dan saya rasa tidak ada pihak yang berani membayar (uang klausul pelepasan tersebut) agar bisa meninggalkan tugasnya di klub,” tandas Tavecchio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here