Barcelona Waspadai Juventus, Enggan Turunkan Ousmane Dembele

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde ragu-ragu turunkan Ousmane Dembele di laga pembuka Liga Champions melawan Juventus, Rabu (13/9) dinihari nanti.

Ernesto Valverde rencananya akan masukkan Ousmane Dembele dari bangku cadangan dalam laga kontra Juventus dinihari nanti.

Pemain asal Perancis itu gabung ke Camp Nou menjelang penutupan bursa transfer musim panas, di mana ia diproyeksikan sebagai pengganti Neymar yang hijrah ke Paris Saint-Germain.

Ia sempat jalani debutnya di Barcelona dalam pertandingan melawan Espanyol akhir pekan lalu. Namun, Dembele hanya bisa berikan satu umpan yang berbuah gol terakhir Barca yang dicetak Luis Suarez.

Bagi Ernesto Valverde, eks pemain Rennes dan Borussia Dortmund itu mungkin akan duduk di bangku cadangan kembali. “Anda akan tahu (apakah ia akan bermain dari menit pertama atau tidak) esok hari. Jika ia bermain maka itu karena saya merasa Dembele telah siap,” ujar Valverde dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Tapi dia seorang pesepakbola, seperti yang lainnya, yang berlatih baik dan setiap hari beradaptasi. Dia bisa saja bermain di laga manapun,” tandas Valverde.

“Jika dia tidak bermain sejak menit pertama besok, maka suatu saat ia akan bermain sejak awal. Mungkin jika dia datang sejak awal, maka kami bisa melakukan lebih banyak, tapi ia tidak membutuhkan waktu lama untuk berbaur,” tambahnya.

Sementara itu, Lionel Messi mencetak tiga gol di laga kontra Espanyol pada Minggu (10/09) dinihari WIB, dan Ernesto Valverde pastikan penyerang Timnas Argentina itu akan bermain sejak menit pertama.

“Tidak membuat saya tenang (dengan performa Messi yang sedang bagus), tapi melihat Messi bermain tentunya membuat tim kami lebih baik lagi,” ujar mantan pelatih Olympiacos dan Athletic Bilbao ini.

“Sangat penting baginya untuk merasa lebih percaya diri di pertandingan ini. Kita lihat bagaimana semuanya berjalan.”

Di skuad Massimiliano Allegri, nama Paulo Dybala pun sedang dalam kondisi prima di mana pemain itu sukses membuat lima gol dalam tiga pertandingan Liga Italia. “Dybala pemain yang penting bagi timnya, dan dunia. Kami yakin itu, tapi tidak lebih penting dari (Gonzalo) Higuain atau para pemain lainnya,” tegas Valverde.

“Juve tim yang solid dan bermain konsisten sebagai sebuah tim. Mereka memiliki individu-individu (hebat), tapi mereka tim yang membuat saya sangat khawatir. Mereka terlihat bagus, sebab saya menonton Liga Italia,” tandasnya.

“La Vecchia Signora terlihat kuat dan siap untuk melakoni musim. Anda bisa berkata bahwa mereka kehilangan atau mendapatkan seorang pemain, tapi komentar-komentar seperti itu biasa diucapkan ke setiap tim di setiap liga,” ujar Valverde.