Ini 10 Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

Penampilan menawan di lapangan ternyata tak membuat para pemain ini berhasil mengusung trofi Liga Champions. Juventus yang tampil apik di sepanjang musim lalu, gagal dari Real Madrid di final. Ternyata, pemain sekaliber Fabio Cannavaro, Pavel Nedved dan Michael Ballack belum pernah memeluk trofi Si Kuping Besar. Ini daftar lengkapnya..

Liga Champions  - Ini 10 Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

Berita Internasional – Real Madrid akhirnya kembali berjaya di Liga Champions. Skuad Zinedine Zidane itu berhasil menekuk Juventus, yang sebenarnya juga tampil menawan di sepanjang gelaran itu musim lalu.

Football Whispers ungkapkan, ada sejumlah pemain yang selalu masuk daftar Starting XI yang punya label hebat, tapi tak pernah menangkan trofi Liga Champions, termasuk kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

Setelah 168 caps untuk Timnas Italia, dan memegang rekor dunia untuk gaji seorang kiper sejak tahun 2001, Buffon tak pernah diragukan sebagai salah satu kiper terbaik di dunia yang pernah berlaga di Liga Champions.

Kiper berusia 39 tahun itu bahkan jadi pemain ke dua di Juventus setelah Alessandro Del Piero, sebagai pemain yang paling banyak tampil membela Si Nyonya Tua. Buffon juga sudah persembahkan delapan gelar juara Serie A dan empat trofi Coppa Italia, bahkan ia jadi pemain yang hampir selalu berhasil mengangkat trofi.

Akhir pekan kemarin, jadi kekalahannya yang ketiga di final Liga Champions. Pertama, Buffon kalah dalam drama adu penalti melawan AC Milan di final Liga Champions 2003, dan Barcelona pada tahun 2015. Terakhir, kekalahan atas Real Madrid di final 2017 yang baru lalu.

Berikut ini daftar pemain papan atas di eranya, yang belum pernah sekalipun kantongi gelar juara Liga Champions:

1 – Laurent Blanc

Banyak yang lupa kalau mantan pelatih Paris Saint-Germain ini, adalah salah satu bek tengah terbaik dari generasinya. Ia pernah menangkan gelar juara Liga Premier bersama Manchester United di akhir karirnya, lalu menambah trofinya dengan trofi juara di Liga Prancis, Piala Winners dan Copa del Rey.

Bersama Prancis, Blanc jadi pemimpin di lni belakang, dan pernah menangkan trofi Piala Dunia tahun 1998, disusul dengan trofi Kejuaraan Eropa dua tahun kemudian.

Meski demikian, walaupun bermain untuk Marseille, Barcelona and Inter Milan, dia tidak pernah mengangkat trofi Liga Champions di sepanjang karirnya.

2 – Lothar Matthaus

Lothar Matthaus juga salah saty bek tengah kenamaan di Eropa yang mendomnasi Jerman di tahun 1990-an. Ia mengawali karirnya di lini tengah, hingga akhirnya menjadi bek tengah papan atas.

Dia juga menjadi kunci dalam kemenangan Jerman di Piala Dunia 1990, dan Euro 1996 yang digelar di Inggris.

Selama karirnya, Matthaus telah menangkan delapan gelar juara liga dalam dua periode karirnya bersama Bayern Munchen, maupun di klub Serie A bersama Inter Milan.

Sayangnya, walaupun pernah persembahkan trofi Piala UEFA untuk ke dua klub itu, tapi Matthaus juga minum trofi Liga Champions.

3 – Fabio Cannavaro

Italia terbang ke Jerman untuk ikuti ajang Piala Dunia 2006. Tapi tak satupun yang menduga bahwa mereka akan jadi pesaing yang diperhitungkan dalam perebutan gelar juara dunia kala itu.

Penampilan apik Cannavaro di lini belakang Italia, akhirnya berhasil membantu Timnas Italia untuk meraih sukses. Permainan menawan Cannavaro bersama Juventus, akhirnya juga membuahkan Ballon d’Or di tahun 2006 untuknya.

Namun, dia sebenarnya tak pernah menangkan gelar juara Liga Italia dalam karirnya, walaupun pernah mengangkat trofi juara LaLiga sebanyak dua kali bersama Real Madrid.

Cannavaro pernah menangkan Piala UEFA di tahun 1999 bersama Parma, tapi walaupun karirnya tak terlalu gemerlap di klub ini, Cannavaro jadi pemain yang paling banyak bukukan caps dalam sejarah sepakbola Italia. Cannavaro pun belum pernah mengangkat trofi Liga Champions.

4 – Lilian Thuram

Fans Timnas Prancis akan selalu ingat Lilian Thuram lewat penampilan luar biasanya dalam laga kontra Kroasia di semifinal Piala Dunia 1998. Dia mencetak dua gol dan membawa Les Bleus memimpin, serta membantu timnya melaju ke final.

Thuram juga menjadi salah satu bek terbaik yang pernah ada, di mana ia ikut menangkan trofi Piala UEFA bersama-sama Cannavaro. Tapi, seperti halnya Cannvaro, Thuram pun belum pernah menangkan trofi Liga Champions.

5 – Patrick Vieira

Ia bukan pemain yang dikenal fans saat direkrut pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Tapi, Vieira berkembang menjadi gelandang terbaik di Liga Premier.

Vieira pernah bermain dua kali dalam perempatfinal Liga Champions bersama Arsenal. Tapi, bukan dengan Arsenal ia mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Setelah pindah ke Inter Milan di tahun 2010, dan tampil di babak penyisihan grup, ia kemudian mengangkat trofi tersebut.

6 – Michael Ballack

Michael Ballack ada di lapangan saat Zinedine Zidane mencetak gol spektakuler di Hampden Park, yang akhirnya membuat Real Madrid menang 1-0 dan berhasil mengangkat trofi Liga Champions.

Pemain asal Jerman itu pindah dari Bayer Leverkusen ke Bayern Munchen, dan menangkan tiga gelar juara Bundesliga.

Enam tahun kemudian sejak kehilangan pertamanya, gelandang itu menderita lagi, karena kalah dalam drama adupenalti melawan Manchester United saat ia masih membela Chelsea.

Berikutnya, Ballack juga akhiri turnamen Piala Dunia 2002 di peringkat dua, begitu juga saat Kejuaraan Eropa tahun 2008.

Liga Champions  - Ini 10 Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

7 – Pavel Nedved

Pavel Nedved merupakan bintang lini tengah Juventus di awal tahun 2000-an. Setelah meraih tiga gelar juara di liga lokal Ceko, Nedved menambah prestasinya dengan lima gelar juara liga di Italia. Satu di antaranya bersama Lazio, yang dia menimba sukses yang spektakuler di Turin.

Sayangnya, satu kartu kuning dalam laga kontra Real Madrid di babak semifinal, membuatnya tak bisa bermain di final melawan AC Milan yang saat itu digelar di Old Trafford.

Juventus kalah dalam drama adupenalti, dan winger kiri ini tak pernah punya kesempatan lagi untuk menangkan trofi Liga Champions.

8 – Dennis Bergkamp

Para suporter Arsenal dan Timnas Belanda akan menganggap Bergkamp sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah mengenakan jersey mereka. Tapi, sangat memalukan bahwa ia tidak pernah menangkan Liga Champions.

Pemain Gunners itu pernah menangkan tiga gelar liga, menambah dua Piala UEFA yang dia angkat pada tahun 1992 dan 1994 dan Anda memiliki karir yang sempurna.

9 – Zlatan Ibrahimovic

Pemain asal Swedia itu hampir selalu mendapat medali di setiap klub yang dibelanya. Ia seakan jadi jaminan, bahwa jika Anda memiliki Ibrahimovic di lini depan skuad Anda, maka Anda akan menangkan liga.

Tapi, dia tidak bisa melakukannya bersama Jose Mourinho dan Manchester United, walau ia berhasil mencetak 28 gol di semua kompetisi.

Kemenangan United atas Ajax memberi Zlatan medali pertamanya di Liga Europa. Namun, pemain berusia 35 tahun itu bahkan belum pernah bermain di final Liga Champions.

Kita harus bertanya apakah ia bersedia menukar 11 gelarnya di liga domestik hanya untuk satu trofi Liga Champions.

Liga Champions  - Ini 10 Pemain Hebat yang Tak Pernah Juara Liga Champions

10 – Ronaldo

Yang ini, Ronaldo asal Brasil. Walau ia pernah sukses bersama Barcelona, ​​Real Madrid, Inter Milan dan AC Milan, tapi ia tak pernah memenangkan trofi paling bergengsi di sepakbola Eropa tersebut.

Pada tahun 2003, ia membantu El Real mencapai semifinal, mencetak gol dalam kemenangan 2-1 di leg pertama atas Juventus. Namun mereka malah kehilangan harapan setelah kalah 1-3 dan harapan Ronaldo pun menghilang.

Masih dianggap sebagai salah satu pemain bernomor punggung sembilan terbesar, Ronaldo tampaknya harus menghibur diri dengan tiga Ballon d’Ors, dua trofi Piala Dunia, dua gelar liga dan Piala UEFA tahun 1998.

LEAVE A REPLY