Ini Lawan Man United di Liga Champions Nanti

8837

Kemenangan Manchester United atas Ajax di final Liga Europa, Kamis (25/5) WIB, membuat skuad Jose Mourinho itu secara otomatis akan ikut kualifikasi babak grup Liga Champions musim depan.

Liga Champions  - Ini Lawan Man United di Liga Champions Nanti

Berita Liga Champions – Menang atas Ajax dan melaju ke Liga Champions musim depan, Manchester United diyakini akan hadapi lawan yang tak mudah di Liga Champions nanti.

Biasanya hanya tiket ke babak play-off yang dijamin, tapi karena kedua finalis Liga Champions, yakni Juventus dan Real Madrid, juga lolos melalui penempatan liga masing-masing, maka tempat tersebut diberikan pada pemenang Liga Europa.

Berkat koefisien peringkat mereka yang bagus, United akan berada di Pot 2 di hari pengundian nanti. Koefisien United ini akan lebih baik mulai dari musim 2018/19 dan seterusnya, ketika terjadi perubahan dalam perhitungan dengan adanya poin tambahan untuk meraih gelar Eropa sebelumnya.

Saat ini, United kantongi koefisien 93,315 di atas Napoli yang punya koefisien 88.666 dan Tottenham Hotspur dengan koefisien 77,135, hingga United berada di depan Spurs dalam drawing walau MU bertengger 17 poin di bawah Spurs di Liga Premier.

Manchester United dapat jaminan berada di Pot 2 bersama Barcelona, Atletico Madrid, PSG, Borussia Dortmund, Manchester City dan FC Porto. Ini berarti mereka telah hindari sejumlah lawan yang sulit.

Namun, MU juga bisa bertemu salah satu juara dari tiga tim di Pot 1, selain Chelsea. Ketiga tim itu adalah Shakhtar Donetsk, AS Monaco dan Spartak Moscow, yang semuanya punya koefisien lebih rendah dari United.

Biasanya hanya tujuh juara, plus pemenang Liga Champions, yang akan berada di Pot 1. Tapi, karena Juventus dan Real Madrid sama-sama jadi juara liga, maka juara liga dari negara ke delapan – yakni Ukraina/Shakhtar Donetsk, diunggulkan.

United yang masuk ke zona kualifikasi grup membuat Napoli akan diturunkan ke Pot 3, jika kedua tim -baik MU maupun Napoli, dan juga Sevilla, berhasil mencapai babak grup. Pasalnya, masih ada satu pekan pertandingan lagi di Serie A dan Napoli belum bisa menyalip AS Roma serta merambah posisi dua di liga domestik guna hindari babak playoff.

Napoli jadi tim dari Pot 3 yang kemungkinan bisa jadi ujian terberat bagi United. Setelah Juventus dipastikan berada di posisi teratas Serie A. Sementara kedua tim itu bisa saja hadapi Anderlecht dan Ajax, yang mereka kalahkan dalam perjalanan ke Liga Europa musim ini.

Jika Ajax bisa atasi United, maka itu akan jadi berita bagus bagi Tottenham Hotspur. Ajax yang kantongi koefisien 67,212 punya koefisien inferior untuk Spurs, walau mereka tetap harus menunggu Napoli dan Sevilla tereliminasi dari babak playoff guna bertemu dengan Pot 2.

LEAVE A REPLY