Juventus Kebanjiran Untung Usai Dikalahkan Real Madrid

768

Juventus kembali gagal mengangkat trofi Liga Champions setelah dikandaskan Real Madrid, 1-4. Namun, walau kalah, Si Nyonya Tua ternyata dapat pemasukan paling besar, bahkan jika dibandingkan sang jawara Real Madrid.

Liga Champions  - Juventus Kebanjiran Untung Usai Dikalahkan Real Madrid

Berita Liga Italia – Kekalahan menyakitkan Juventus di final Liga Champions 2017 ini ternyata tak selamanya ‘merugikan’. Buktinya, Juventus malah kebanjiran pemasukan paling besar dibandingkan klub lain, termasuk Real Madrid.

Walaupun kalah, Juventus berhasil kantongi pemasukan sebesar 109 Juta Euro atau sekitar Rp1,6 Triliun. Dipaparkan Calcio E Finanza, Juventus mendapatkannya dari UEFA, hak siar televisi, keuntunga dari penjualan tiket dan pihak sponsor.

Sedangkan Real Madrid yang tampil sebagai juara di ajang paling bergengsi Eropa ini, justru tak meraup untung sebesar Juve. Mereka hanya berhasil kantongi 80,9 juta Euro atau sekitar Rp1,2 triliun dari ajang final yang baru lalu.

Apa yang dikantongi Juventus di final tersebut, ternyata tercatat pula sebagai bagian dari sejarah Liga Champions. Karena, selama ini belum ada klub yang bisa meraih pendapatan lebih dari 100 juta Euro, sejak format baru Liga Champions digelar pada tahun 1992.

Untung besar itu sebenarnya tak mengejutkan, karena Italia hanya kirimkan dua wakilnya; Juventus dan Napoli. Semula AS Roma punya peluang untuk berlaga di Liga Champions 2016/17, sayangnya Giallorossi tersingkir di babak penyisihan grup.

Dengan hanya ada dua klub Italia yang berhasil melaju, maka keuntungan hak siar Liga Champions di Italia hanya diberikan pada dua klub itu. Juventus makin berada di atas angin saat Napoli dikalahkan El Real di babak 16 besar. Pasalnya, semua keuntungan hak siar di Italia pastinya jatuh ke tangan Juventus.

Sedangkan Napoli yang hanya bisa berlaga sampai babak 16 besar, dapat penghasilan dari Liga Champions sebanyak 65,7 juta Euro atau sekitar Rp978 Miliar. Jumlah itu juga masih lebih besar dibandingkan tim di perempat final, Atletico Madrid, yang kantongi 59,9 juta Euro atau sekitar Rp895 Miliar.

LEAVE A REPLY