Dortmund Tanpa Gelandangnya Ini di 16 Besar Liga Champions

Mario Gotze tak masuk dalam skuad Borussia Dortmund yang jalani laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions League di kandang Benfica, Rabu (15/2) dinihari nanti.

Mario Gotze tak masuk dalam skuad Borussia Dortmund yang jalani laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions League di kandang Benfica, Rabu (15/2) dinihari nanti.

Adubola.com – Gelandang berusia 24 tahun ini, harus berjuang pulihkan cedera kaki yang bahkan membuatnya harus absen saat Dortmund secara mengejutkan dikalahkan tim papan bawah, Darmstadt, 1-2.

Sementara, dua pemain lainnya Marcel Schmelzer dan Lukasz Piszczek yang sebelumnya absen akibat cedera, di pekan ini sudah tersedia untuk dimainkan.

Sedangkan Benfica, akan kembali diperkuat Eduardo Salvio yang baru pulih dari cedera engkel. Namun, striker asal Brasil, Jonas, diragukan bisa dimainkan setelah absen dalam sesi latihan Senin (13/2).

Dortmund belakangan ini diklaim tak lagi bisa tampil konsisten seperti musim lalu. Skuad asuhan Thomas Tuchel itu bahkan sudah terseok-seok sejak Desember lalu, di mana Die Borussen hanya berhasil menang dua kali dalam sembilan pertandingan terakhir yang mereka lakoni di semua kompetisi.

Dortmund meang baru satu kali kalah saat ini, yakni ketika bertemu Darmstadt akhir pekan lalu. Tapi, Tuchel berharap skuadnya bisa menang meyakinkan di Portugal agar bisa hidupkan kembali permainan mereka.

“Kami benar-benar berada di bawah ambang batas kami. dan kami harus katakan Darmstadt layak untuk menang,” ujar Tuchel seperti dilansir BBC.

Faktanya, Borussia Dortmund singkirkan Benfica di putaran pertama ajang European Cup (cikal-bakal Liga Champions) musim 1963/64. Dortmund kalah 1-2 di leg pertama, tapi menang telak 50 ketika leg ke dua digelar di Jerman.

Benfica hanya berhasil menang satu kali dalam 15 pertandingan terakhir di ajang European Cup/Champions League melawan klub-klub Jerman, dengan rincian lima kali imbang dan sembilan kali kalah. Benfica hanya berhasil menang atas Kaiserslautern pada November 1998.

Borussia Dortmund selalu lolos kualifikasi Liga Champions dalam empat musim terakhir keikutsertaan mereka, bahkan selalu menutup babak penyisihan grup di tempat teratas.

Borussia Dortmund jadi salah satu dari enam tim yang belum pernah kalah di ajang Liga Champions musim ini, dengan rincian empat kali menang dan dua kali imbang. Mereka juga menangkan dua pertandingan di awal musim ini melawan klub asal Portugal lainnya, yakni Sporting Lisbon, dengan skor 2-1 ketika bermain di Portugal dan menang tipis 1-0 ketika bermain di Jerman.

Meski demikian, Dortmund sudah kalah dalam enam dari delapan pertandingan terakhir di babak knockout Liga Champions, dan hanya berhasil dua kali menang.