Napoli vs Feyenoord, Ayo Cari Kemenangan Pertama!

Napoli akan menjamu tim asal Belanda, Feyenoord, di laga kedua penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion San Paolo, Rabu (27/9) dinihari pukul 01:45 WIB.

Sama-sama menelan kekalahan di laga pembuka, kedua tim ini bertekad untuk meraih kemenangan pertama pada pertemuan kali ini.

Sudah seharusnya kubu Napoli bisa menang dengan mudah, karena mereka diuntungkan sebagai tuan rumah. Namun, mengingat ini merupakan pertemuan pertama Napoli dengan Feyenoord, siapa sangka justru tim tamu yang akan mencuri poin di laga ini.

Berikut beberapa fakta menarik jelang pertandingan Napoli vs Feyenoord, seperti dilansir dari laman UEFA:

Head to head

Ini merupakan pertemuan pertama di ajang Liga Champions. Keduanya belum pernah bertemu di sepanjang sejarah kedua tim.

Napoli

  • Napoli berada di penyisihan grup untuk tahun kedua berturut-turut. Pada 2016/17, Partenopei kalah dari juara bertahan Real Madrid di babak 16 besar.
  • Kekalahan musim lalu dari Real Madrid hanya menjadi kekalahan kedua Napoli dalam 22 pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa (14 kali menang dan enam kali imbang).
  • Pada penyisihan grup tahun lalu, Napoli kumpulkan empat poin di kandang sendiri, menang atas Benfica 4-2 tapi kalah 2-3 dari Besiktas.
  • Tim asal Italia itu lolos ke babak grup musim ini dengan kandaskan Nice 2-0, baik di laga kandang maupun tandang di babak play-off.
  • Rekor kandang Napoli melawan tim asal Belanda adalah, sekali imbang dan sekali kalah serta belum pernah menang.

Feyenoord

  • Rekor keseluruhan tim Belanda melawan tim Serie A adalah empat kali menang, imbang empat kali dan kalah empat kali.
  • Feyenoord belum pernah kalahkan lawan-lawannya dari Italia, baik di laga kandang maupun tandang, sejak mereka menang 1-0 atas Inter Milan di leg pertama semifinal Piala UEFA musim 2001/02. Rekor mereka sejak itu adalah tiga kali imbang dan dua kali kalah.
  • Kemenangan 3-0 di R. Standard de Liege di babak penyisihan grup Liga Europa UEFA pada 12 Desember 2014 merupakan kemenangan tunggal Feyenoord dalam 15 laga tandang Eropa terakhir mereka.
  • Kemenangan tandang terakhir Feyenoord di Liga Champions, babak penyisihan grup ke final, adalah kemenangan 1-0 di Newcastle United pada 24 September 2002.
  • Setelah mengangkat trofi Eredivisie pertama dalam 18 tahun terakhir, Feyenoord sekarang berada di babak 32 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2002/03, saat mereka tereliminasi di babak penyisihan grup pertama.