RB Leipzig dan RB Salzburg Bisa Berlaga di Liga Champions

173

Dua tim dengan pemilik sama, RB Leipzig dan Red Bull Salzburg, sama-sama bisa bermain di Liga Champions musim depan. Demikian konfirmasi dari Uefa.

Liga Champions  - RB Leipzig dan RB Salzburg Bisa Berlaga di Liga Champions

Berita Liga Champions – Dua klub yang sama-sama dimiliki sebuah perusahaan minuman energi, Red Bull, RB Leipzig dan RB Salzburg, akhirnya diperbolehkan Uefa untuk berlaga di Liga Champions. Dua klub yang bermain di liga berbeda itu memang berhasil lolos untuk bermain di kompetisi teratas Eropa tersebut di musim yang sama.

Tapi Uefa putuskan ‘tidak ada individu atau badan hukum yang punya pengaruh yang menentukan lebih dari satu klub’ untuk bisa berlaga di Liga Champions. Sementara, klub Bundesliga RB Leipzig dan juara Liga Austria, RB Salzburg, keduanya memang lolos ke Liga Champions musim 2017/18 mendatang.

Klub RB Leipzig baru berdiri tahun 2009 lalu, dengan didukung perusahaan minuman berenergi tersebut, dan sudah empat kali menang promosi dalam tujuh musim terakhir, sebelum akhirnya menutup musim lalu di posisi dua Bundesliga.

Sementara, Red Bull membeli Austria Salzburg pada tahun 2005 lalu, dan mengganti namanya menjadi Red Bull Salzburg. Namun setelah restrukturisasi, Red Bull kini tidak lagi memiliki saham pengendali dan hanya mensponsori klub tersebut.

Sampai saat ini, Uefa memang tetap tidak mengizinkan dua klub dengan pemilik sama untuk bersaing dalam kompetisi Eropa. Dalam kasus ini, prioritas diberikan kepada tim yang merupakan juara di negara mereka, dan itu berarti bahwa Leipzig akan tersingkir.

Namun badan Uefa, Club Financial Control Body (CFCB) menemukan tidak ada pelanggaran Pasal 5 mengenai integritas kompetisi. Keputusan itu dapat diajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dalam waktu 10 hari.

Dalam kasus RB Leipzig dan RB Salzburg, hanya Leipzig yang masih menjadi milik perusahaan Red Bull. Sedangkan RB Salzburg, kini sahamnya sudah tak dimiliki perusahaan itu lagi, dan Red Bull hanya menjadi sponsor sama, walau tetap gunakan nama RB di depan nama klub.

 

LEAVE A REPLY