RB Leipzig Terancam Tak Berlaga di Liga Champions Musim Depan

‘Klub yang paling dibenci’ di Jerman, RB Leipzig, terancam tak bisa bertanding di Liga Champions musim depan. Padahal, tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu berhasil bertengger di peringkat dua pada musim perdananya di Bundesliga.

‘Klub yang paling dibenci’ di Jerman, RB Leipzig, terancam tak bisa bertanding di Liga Champions musim depan. Padahal, tim asuhan Ralph Hasenhuttl itu berhasil bertengger di peringkat dua pada musim perdananya di Bundesliga.

Adubola.com – Larangan ini terkait dengan kepemilikan klub oleh Red Bull, di mana mereka juga punya klub lain di Austria, RB Salzburg, yang sudah jadi langganan di sejumlah ajang Eropa, termasuk Liga Champions. Sementara dalam aturan UEFA, seorang pemilik klub hanya boleh mengikutsertakan satu klub saja ke ajang bergengsi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

Itulah sebabnya, RB Leipzig punya kemungkinan tak bisa berlaga di ajang Liga Champions musim depan, sekalipun mereka jadi jawara Bundesliga musim ini. Klub kecil yang musim lalu masih merumput di Bundesliga 2 ini, memang secara mengejutkan berhasil meroket ke papan atas Bundesliga, bahkan sempat merajai papan klasemen sementara.

Kini, Leipzig ada di posisi dua dengan selisih lima poin di bawah Bayern Munchen, dan delapan poin di atas Borussia Dortmund. Tapi, fans Leipzig dibuat cemas dengan kabar mengenai aturan kepemilikan klub ini.

Saat ini, ‘saudara tua’ Leipzig yakni klub asal Austria, RB Salzburg, secara reguler kerap bertanding di ajang Eropa. Kedua tim terus mencari kemungkinan untuk bisa dapatkan satu tempat di Liga Champions melalui posisi mereka di liga masing-masing. RB Salzburger Nachrichten sendiri saat ini berada di posisi teratas Bundesliga Austria.

“Akan ada verifikasi yang dilakukan UEFA dalam hal ini, begitu kami menerima formulir dari asosiasi negara masing-masing di akhir musim ini,” ujar juru bicara Uefa terkait hal ini.

Namun, CEO Leipzig Oliver Mintzlaff mengaku yakin kedua tim dari Red Bulls tak akan terpengaruh dengan aturan ini. “Kami di RB Leipzig tidak gentar, selain ada juga sinyal dari Uefa agar kami tidak keluar. Jika kami masuk kualifikasi, tak ada alasan mengapa kami diragukan untuk bermain di Liga Champions  musim depan,” tandas Mintzlaff.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here