Real Madrid Tak Tergantung pada Cristiano Ronaldo

Walau akui Real Madrid tak berada dalam performa terbaiknya, namun pelatih Zinedine Zidane yakin skuadnya tidak tergantung hanya pada Cristiano Ronaldo.

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane yakin anak asuhnya tak bergantung pada Cristiano Ronaldo, setelah Los Blancos alami kesulitan di awal LaLiga musim ini.

Saat ini, mega bintang asal Portugal itu masih absen di Liga Spanyol usai diganjar sanksi larangan bertanding dalam lima laga usai mendorong wasit di ajang Piala Super Spanyol.

Hasilnya, El Real hanya mampu bermain imbang 2-2 kontra Valencia, dan imbang lagi 1-1 versus Levante di Santiago Bernabeu, meski menang di pertandingan pertama melawan Deportivo La Coruna.

Kini, CR7 akan bermain di kompetisi Liga Champions melawan APOEL Nicosia, yang akan dihelat di Santiago Bernabeu pada Kamis (14/9) dinihari WIB.

Walau di atas kertas klub asal Siprus itu terlihat lemah, namun Los Galacticos harus bertemu pula dengan Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspur di Grup H.

Bagi pelatih asal Perancis itu kehadiran Ronaldo membuatnya lega. Tapi, bersikukuh tidak tergantung kepada sang pemain sayap. “Anda tahu siapa Cristiano itu. Kita tidak bicara soal ketergantungan, tapi saya selalu berharap dia terus bersama kami,” ujar Zidane dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Yang membuat saya tertarik adalah, semua pemain bisa berlaga. Cristiano tidak hanya berikan banyak gol, tapi ia juga pemimpin dan selalu ingin memenangkan pertandingan. Dia bisa tularkan hal itu (kepada rekan-rekannya). Kami semua senang ia bisa kembali bermain,” tandasnya.

“Cristiano sangat fokus terhadap apa yang ia lakukan. Sebagai tambahan, dia sangat bahagia bisa kembali berlaga, karena itulah yang ia sukai. Sepakbola-lah yang membuatnya senang,” tambah Zidane.

“Dan, kami senang juga, sebab secara mental dan fisik ia sangat baik. Saya sangat senang bisa melihat Cristiano kembali ke atas lapangan,” ujarnya.

“Ronaldo akan bermain besok, tapi kami tidak akan mainkan dia di pertandingan hari Minggu (kontra Real Sociedad, Senin 18/9 dinihari WIB). Saya harap, pertandingan Minggu nanti akan menjadi laga terakhir dia tidak bersama kami,” tandas Zidane.