Real Madrid vs Juventus Jadi El Clasico ke-2 di Eropa

Laga antara Real Madrid kontra Juventus ternyata jadi pertandingan kedua yang paling sering dimainkan di kompetisi papan atas Eropa, setelah pertemuan Real Madrid dan Bayern Munchen.

Berita Liga Champions – Tiga belas kejuaraan Eropa sudah digelar sejauh ini. National Stadium Wales akan jadi tuan rumah final Liga Champions musim 2016/17 yang akan pertemukan dua klub legendaris Eropa, Real Madrid dan Juventus.

Ini jadi pertemuan kedua tim yang kaya akan nilai sejarah. Tapi, sebenarnya, ini jadi pertandingan kedua yang paling sering dimainkan di kompetisi papan atas Eropa, di mana kedua tim sudah 18 kali bertemu. Hanya pertandingan yang pertemukan Real Madrid dan Bayern Munchen-lah yang sudah dimainkan lebih banyak, yakni 24 kali.

Sampai saat ini, sudah berjalan sejarah sepanjang 55 tahun yang pertemukan Real Madrid dan jawara Serie A tersebut. Tak ada yang lebih kuat atau lebih lemah di antara keduanya.

Pasalnya, antara Madrid dan Juve punya catatan seimbang dalam pertemuan mereka selama ini. Yakni, delapan kali menang, delapan kali kalah dan dua kali imbang. Dua kali hasil imbang itu terjadi saat kedua tim bermain di tempat netral, yang berhasil akhiri dominasi El Real.

Adapun pertemuan pertama Real Madrid dan Juventus terjadi pada musim 1961/62, saat Alfredo Di Stefano jadi orang pertama yang mengukir namanya dalam daftar panjang pencetak gol berbakat. Lalu disusul pemain legenda lainnya seperti Butragueño, Raúl, Mijatovic, Ronaldo, Roberto Carlos dan Zidane yang juga tambahkan nama mereka dalam daftar tersebut, dan semua mencetak gol dalam laga kontra Juventus.

Adapun pertemuan terakhir kedua tim sebelum musim ini, terjadi di babak penyisihan grup di Liga Champions musim 2013/14 dan semifinal 2014/15. Saat itu, Cristiano Ronaldo jadi bintang pertunjukannya, dengan mencetak empat dalam bentrokan tersebut.

Tanpa diragukan lagi, bentrokan yang paling berkesan terjadi di final Liga Champions tahun 1998. Saat itu, Real Madrid menangkan La Séptima (trofi ke tujuh) di Amsterdam, lewat gol Mijatovic. Dan, 19 tahun kemudian, pertemuan itu akan terulang lagi di Cardiff saat Real Madrid mengejar La Duodécima (trofi Liga Champions ke-12).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here