Setelah 14 Tahun, Klub LaLiga Ini Kembali Melaju di Liga Europa

107

Adubola.com – Untuk kali pertamanya dalam 14 tahun terakhir, Celta Vigo berhasil merambah perempatfinal Liga Europa.

Liga Europa  - Setelah 14 Tahun, Klub LaLiga Ini Kembali Melaju di Liga Europa

Adubola.com – Untuk kali pertamanya dalam 14 tahun terakhir, Celta Vigo berhasil merambah perempatfinal Liga Europa.

Kesempatan itu diraih skuad asuhan Eduardo Berizzo setelah mereka menang 2-0 atas klub Kasnodar di leg ke dua babak 16 besar, Jumat (17/3) dinihari WIB. Celta pun amankan agregat 4-1 atas lawannya tersebut.

Gol Celta Vigo tercipta di babak ke dua, dibukukan oleh Hugo Mallo dan Iago Aspas di kandang klub Rusia tersebut. Celta pun jadi satu-satunya wakil LaLiga di kompetisi tier ke dua di Eropa tersebut, yang berhak melaju ke perempatfinal.

Sejak berdiri di tahun 1923, Celta Vigo terus-menerus berlaga di perempatfinal Piala UEFA di setiap musim, antara musim 1998/99 dan 2001. Saat itu, Celta masih diasuh pelatih Victor Fernandez.

Di ajang lokal, Celta ternyata juga pernah tiga kali berlaga di final Copa del Rey, tanpa pernah memenangkan trofi. Pertama, mereka dikalahkan Sevilla pada tahun 1948, lalu kalah dari Real Zaragoza pada tahun 1994 dan 2001.

Sebelumnya, Manchester United juga pastikan tiket ke perempatfinal Liga Europa setelah kandaskan klub kecil asal Rusia, FC Rostov, 1-0. Kemenangan tipis ini berhasil membawa skuad asuhan Jose Mourinho itu melaju ke perempatfinal dengan keunggulan agregat, 2-1. Di leg pertama yang digelar di Rusia, United hanya bermain imbang 1-1.

Sayangnya, raksasa Serie A, AS Roma, urung meramaikan Liga Europa musim ini setelah mereka kalah agregat dari Olympique Lyon. Walau Roma menang 2-1, namun skuad Luciano Spalletti itu tetap tersingkir karena menutup dua leg di babak 16 besar dengan agregat 4-5.

Pada Jumat (17/3) malam WIB, Celta Vigo di antaranya akan bersama-sama Manchester United, Ajax Amsterdam, Schalke dan Olympique Lyon untuk ikuti drawing Liga Europa di Nyon, Swiss.

LEAVE A REPLY