Fakta Menarik Usai Arsenal Kalahkan FC Koln

Arsenal menang pada laga perdananya di Liga Europa atas FC Koln di Emirates Stadium, Jumat (15/9) dinihari WIB. Berikut ini fakta menarik terkait laga tersebut.

Liga Europa  - Fakta Menarik Usai Arsenal Kalahkan FC Koln

Tim asuhan Arsene Wenger itu menang dengan skor 3-1 atas tim Jerman tersebut, walau Arsenal sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Jhon Cordoba pada menit ke-9. Namun, pada babak kedua The Gunners mampu membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol balasan yang masing-masing dicetak oleh Sead Kolasinac (49′), Alexis Sanchez (62′) dan Hector Bellerin (82′).

Berkat kemenangan tersebut, Arsenal memuncaki klasemen sementara grup H dengan nilai tiga poin. Mereka unggul dua poin dari BATE Borisov yang berada di peringkat kedua.

“Kami memulai laga ini dengan lambat dan ada gol yang tidak disengaja. Setelah itu, penting untuk tidak menyerah dan panik dan melangkah lebih jauh ke dalam permainan kami. Sejak saat itu, kami mengendalikan permainan dan kami menang,” ujar Arsene Wenger kepada BT Sport.

“Saya pikir, Sanchez masih terus berjalan dengan penampilan terbaiknya. Dia pemain sepak bola yang fantastis tapi secara fisik dia baru saja kembali. Tapi dia memiliki sesuatu yang istimewa, yang dia lakukan,” tambahnya.

“Kami ingin melakukannya dengan baik di semua kompetisi terbaik dan saya memiliki tim yang berpengalaman hari ini, meskipun saya membuat sembilan perubahan, mereka adalah pemain kelas atas. Tidak ada hirarki dalam skuad,” ujar Wenger.

Dan berikut ada beberapa fakta menarik usai laga antara Arsenal vs Koln tadi malam, yang dilansir dari laman BBC Sport:

  • Ini adalah pertandingan pertama Eropa Arsenal di luar Liga Champions (termasuk kualifikasi) sejak Mei 2000, tepat 17 tahun dan 120 hari yang lalu.
  • Koln kalah dalam pertandingan kompetitif di babak pertama untuk pertama kalinya sejak Desember 2014 (1-2 vs Augsburg).
  • Arsene Wenger telah mengantarkan timnya meraih kemenangan atas 57 klub berbeda selama masa jabatannya sebagai manajer Arsenal (dari 64 tim yang dihadapi).
  • Alexis Sanchez telah mencetak tujuh gol dalam delapan penampilan kompetitif terakhirnya untuk Arsenal.
  • Hector Bellerin mencetak gol pertamanya di Eropa dalam penampilannya yang ke-16 dalam kompetisi Eropa.
  • Sead Kolasinac telah berperan dalam empat gol (dua gol, dua assist) dalam lima penampilan untuk Arsenal (termasuk Community Shield).
  • Gol Kolasinac adalah gol yang ke-200 di kandang dalam kompetisi Eropa di bawah Wenger-125 yang dicetak di Emirates, 69 di Highbury dan delapan di Wembley.