Jose Mourinho Ukir Sejarah di Eropa

Jose Mourinho ukir sejarah di Eropa usai membawa Manchester United mengangkat trofi Liga Europa, Kamis (25/5) dinihari WIB. Di final, skuad Setan Merah kalahkan Ajax, 2-0.

Berita Liga Europa – Jose Mourinho kini tercatat sebagai manajer pertama yang berhasil menangkan trofi Liga Europa dan Liga Champions, setelah MU kalahkan Ajax di final Rabu malam waktu setempat.

Gol-gol MU dibukukan Paul Pogba di babak pertama, yang kemudian digandakan Henrikh Mkhitaryan di awal babak kedua. MU pun pastikan kemenangan 2-0 di Friends Arena, Stockholm Swedia, dan membukukan tempat di Liga Champions musim depan.

Lewat kemenangan itu, Mourinho kini mengukir sejarah sebagai satu-satunya manajer yang berhasil menangkan trofi Liga Europa dan Liga Champions dalam dua kesempatan berbeda.

Mourinho pernah menangkan trofi Piala UEFA bersama FC Porto di tahun 2003, sebelum akhirnya menangkan trofi Liga Champions bersama klub Portugal itu setahun berikutnya.

Liga Europa  - Jose Mourinho Ukir Sejarah di Eropa

Kemenangan ke dua Mourinho di Liga Champions terjadi saat ia mengasuh Inter Milan, di mana Mourinho berhasil merebut tiga trofi di tahun 2010. Dan kini, hasil Liga Europa ini membuat Mourinho catatkan namanya dalam sejarah sepakbola Eropa.

Menariknya, saat ini Rafa Benitez jadi manajer yang dekati prestasi Mourinho tersebut. Pelatih asal Spanyol itu hanya butuh satu kemenangan lagi di Liga Champions, di mana saat ini ia sudah menangkan trofi Piala UEFA/Liga Europa dalam dua musim berbeda, bersama Valencia dan Chelsea FC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here