Kalah dari Ajax, Man United Bakal Rugi Besar!

Manchester United akan kehilangan uang 50 Juta Poundsterling atau sekitar Rp857,2 Miliar jika mereka gagal kalahkan Ajax Amsterdam di final Liga Europa akhir bulan ini. Loh kok bisa?

Berita Liga Europa – Ya, kalau kalah di final Liga Europa, skuad Jose Mourinho juga bakal kehilangan kesempatan lakoni kualifikasi Liga Champions musim depan.

Jika demikian halnya, maka MU tak akan mendapat dukungan finansial yang sangat besar melalui sponsor dan hak siar televisi. Selain itu, jika MU jalani dua tahun berturut-turut tanpa Liga Champions, maka mereka akan dijatuhi penalti sebesar 21 Juta Pounds atau sekitar Rp360 Miliar yang tercantum dalam kesepakatan sponsorship mereka dengan merk apparel Adidas.

Raksasa produk olahraga itu sebelumnya teken kesepakatan dengan MU yang berlaku selama 10 tahun, yang nilainya mencapai 750 Juta Pounds atau sekitar Rp13 Triliun. Wow!

Deal tersebut termasuk di antaranya keharusan Adidas membayar sekitar 70 juta Pounds atau sekitar Rp1,2 Triliun per tahun. Tapi, jika MU tak bermain di Liga Champions selama dua tahun beruntun, maka MU harus membayar kerugian sebesar 21 juta Pounds atau sekitar 30 persen dari pembayaran tahunan Adidas kepada Old Trafford.

Sementara dari hak siar televisi dan uang partisipasi lainnya, United bisa kantongi dana tambahan 30 Juta Pounds atau sekitar Rp514 Miliar. Tapi, hanya jika MU bermain di Liga Champions.

Hal itu diungkapkan kepala keuangan MU, Cliff Baty. “Kami akan dapat keuntungan jika kami bermain di Liga Champions. Dari ajang itu saja, kami diperkirakan bisa mendapat tambahan 40 juta hingga 50 Juta Pounds (sekitar Rp857 Miliar), di mana untuk Liga Europa normalnya ‘hanya’ 15 juta hingga 20 juta Pounds (sekitar Rp343 Miliar),” ujar Batty.

Tapi, kalau gagal kalahkan Ajax yang berarti tiket ke Liga Champions musim depan pun akan melayang, bisa dibayangkan akibatnya. Manchester United pastinya akan kehilangan untung yang sudah di depan mata.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here