Kerusuhan Antarsuporter Hambat Laga Lyon vs Besiktas

53

Kerusuhan pecah di pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Europa antara Olympique Lyon dan Besiktas, Jumat (14/4). Sejumlah fans klub Turki tersebut bahkan alami luka-luka akibat keributan di dalam stadion itu.

Liga Europa  - Kerusuhan Antarsuporter Hambat Laga Lyon vs Besiktas

Kerusuhan pecah di pertandingan leg pertama perempatfinal Liga Europa antara Olympique Lyon dan Besiktas, Jumat (14/4). Sejumlah fans klub Turki tersebut bahkan alami luka-luka akibat keributan di dalam stadion itu.

Berita Bola, Liga Europa – Kerusuhan pecah di Parc Olympique Lyonnais, sebelum kick-off antara Lyon dan Besiktas, yang akhirnya dimenangkan Lyon 2-1. Akibat kerusuhan ini, pertandingan pun ditunda selama 45 menit.

Walaupun khawatir pertandingan akan ditunda ke hari lain, namun fans kedua tim sama-sama menggruduk masuk ke dalam lapangan pertandingan. Ini sama-sama mereka lakukan untuk menghindari tembakan gas airmata dari aparat keamanan. Hingga akhirnya kondisi bisa dipulihkan dan pertandingan dimulai pada pukul 21:50 waktu setempat -molor 45 menit dari jadwal sebenarnya.

Adapun ihwal kerusuhan itu, kabarnya dipicu oleh aksi sekelompok fans Besiktas yang bertengkar dengan petugas keamanan. Menurut seorang fotografer AFP, fans Besiktas melakukan aksi kekerasan terhadap salah seorang ofisial stadion, hingga membuat petugas itu terluka. Fans (yang terlibat) lalu membentangkan spanduk-spanduk berbahasa Turki dengan sangat besar,” ujar fotografer tersebut.

Berbagai masalah itu terjadi di tribun utara, hingga polisi harus menggunakan tembakan gas air mata untuk mengendalukan insiden tersebut, yang akhirnya menjalar pada keributan antarsuporter kedua tim. Pertandingan itu pastinya akan mendapat perhatian lebih dari UEFA.

Informasi lainnya menyebutkan, fans Besiktas ingin mengawali pertandingan ini dengan kembang api dan petasan, bahkan melemparkan benda-benda  itu ke arah tribun yang diduduki fans Lyon. Akibatnya, beberapa orang melarikan diri ke lapangan untuk melindungi diri mereka.

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas, bahkan sampai turun ke lapangan untuk menenangkan massa, dan meminta fans kembali ke tribun mereka masing-masing. Setelah stadion dibersihkan dan dinyatakan aman, para pemain kedua tim pun akhirnya lakukan pemanasan pada pukul 21:40, dan mulai bertanding di pukul 21:50 – 45 menit lebih lambat dari jadual seharusnya.

LEAVE A REPLY