Penonton Rusuh, 2 Klub Liga Europa Ini Disanksi UEFA

99

Dua klub yang tengah bertarung ke semifinal Liga Europa musim ini, Olympique Lyon dan Besiktas, dijatuhi sanksi UEFA setelah keributan antar suporter di leg pertama perempatfinal di Prancis pekan lalu.

Liga Europa  - Penonton Rusuh, 2 Klub Liga Europa Ini Disanksi UEFA

Dua klub yang tengah bertarung ke semifinal Liga Europa musim ini, Olympique Lyon dan Besiktas, dijatuhi sanksi UEFA setelah keributan antar suporter di leg pertama perempatfinal di Prancis pekan lalu.

Berita Bola, Liga Europa – UEFA akhirnya menjatuhkan sanksi denda sebesar 100 ribu Euro atau sekitar Rp1,4 Miliar kepada kedua tim, setelah suporter mereka terlibat kerusuhan dalam pertandingan yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (14/4) pekan lalu.

Namun, UEFA tangguhkan sanksi larangan berkompetisi di Eropa kepada dua klub tersebut selama satu musim, dengan masa percobaan dua tahun. Otoritas sepakbola Eropa hanya tekankan agar kedua klub membayar denda sebesar 100 ribu Euro tersebut.

Pekan lalu, kerusuhan antarpenonton membuat kickoff pertandingan antara Lyon dan Besiktas harus ditunda selama 45 menit. Lyon didakwa tak selenggarakan pertandingan ini dengan pengorganisasian yang baik dan pelanggaran aturan keselamatan, karena fans Lyon memblokir tangga, menyalakan kembang api dan merangsek masuk ke lapangan. Beruntung tuan rumah menang 2-1 atas tim asal Turki tersebut.

Hal sama juga ditujukan pada Besiktas, yang dinilai tak mengawasi para suporternya yang datang dengan membawa kembang api, melempar benda-benda asing ke dalam lapangan pertandingan dan lakukan mobilisasi massa yang mengganggu jalannya pertandingan.

Bentrokan antarsuporter di laga itu terjadi beberapa jam sebelum kickoff, tak lama setelah sekitar 15 ribu orang suporter Besiktas tiba di Lyon. Mereka langsung memadati pusat kota dan menyalakan suar.

Lyon sendiri berusaha membela diri dengan mengatakan, suporter mereka mencari perlindungan ke pinggir lapangan, setelah mereka dilempari berbagai macam benda keras dan suar dari tribun di atasnya.

“CEDB (Badan Pengendalian Etika dan Disipliner) telah pertimbangkan bahwa pendukung kedua klub bertanggung jawab atas kerumunan massa dalam pertandingan tersebut,” demikian pernyataan UEFA.

Sementara itu, kedua tim akan kembali bertanding di leg kedua perempatfinal Liga Europa yang digelar di kandang Besiktas, Vodafone Arena, Turki, Jumat (21/4) dinihari nanti.

 

LEAVE A REPLY