Suporter FC Koln Sebabkan Kekacauan di Arsenal

Sejumlah fans FC Koln sebabkan terjadinya kekacauan di sekitar Emirates Stadium di pertandingan Liga Europa melawan Arsenal, Jumat (15/9).

Liga Europa  - Suporter FC Koln Sebabkan Kekacauan di Arsenal

UEFA hari ini akan menyelidiki kekacauan yang yang terjadi di Emirates dinihari tadi, yang menyebabkan kick-off bentrokan Liga Europa antara Arsenal dan FC Koln tertunda selama satu jam.

Polisi dengan anjing pelacaknya dikerahkan di dalam stadion setelah terjadi perkelahian antarsuporter, sementara pihak berwenang berjuang untuk tangani 20 ribu suporter klub asal Jerman tersebut. Padahal, untuk pertandingan itu FC Koln hanya diberikan jatah tiket sekitar tiga ribu orang saja.

Masalah dimulai saat pendukung Cologne yang tidak memiliki tiket memblokir akses bagi mereka yang mencoba masuk ke dalam stadion. Situasi diperburuk saat sebuah gerbang terbuka, sehingga memungkinkan para pendukungnya menyerbu masuk ke dalam stadion.

Salah satu jalur akses utama sudah ditutup dua jam sebelum pertandingan, dan keputusan dibuat untuk mencegah penggemar keluar saat dilakukan pengecekan dan stadion dibersihkan untuk membuat pada fans jadi lebih teratur.

Liga Europa  - Suporter FC Koln Sebabkan Kekacauan di Arsenal

Bahkan saat itu, ribuan penggemar Cologne dengan bersorak memberi dukungan pada tim mereka dari wilayah suporter tuan rumah, namun keputusan diambil bahwa akan lebih aman membiarkan permainan berlanjut daripada mencoba membiarkan penggemarnya menyebar ke jalan-jalan di sekitar stadion.

UEFA akan meminta laporan lengkap mengenai masalah tersebut namun kepala komunikasi Arsenal, Mark Gonnella mengatakan: “Kami memutuskan pilihan teraman adalah agar pertandingan terus berlanjut. Kami membiarkan penggemar masuk ke stadion karena semuanya terkendali.”

“Kami mengetahui sejumlah besar penggemar datang dan mencoba menghindari situasi di mana akan ada sejumlah besar pendukung tanpa tiket.”