UEFA Segera Sanksi Lyon dan Besiktas Usai Kerusuhan Suporter

UEFA jatuhkan sanksi pada Olympique Lyonnais dan Besiktas usai kerusuhan antarsuporter di leg pertama perempatfinal Liga Europa yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (14/4).

Liga Europa  - UEFA Segera Sanksi Lyon dan Besiktas Usai Kerusuhan Suporter

UEFA jatuhkan sanksi pada Olympique Lyonnais dan Besiktas usai kerusuhan antarsuporter di leg pertama perempatfinal Liga Europa yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (14/4).

Berita Bola, Liga Europa – Kedua tim disanksi pasal berlapis akibat kerusuhan yang sebabkan pertandingan harus diundur selama 45 menit itu. Lyon sebagai tuan rumah terkena empat tuntutan karena masalah kembang api, pemblokiran tangga, pengorganisasian pertandingan yang buruk dan invansi ke lapangan usai pertandingan berakhir.

Sementara Besiktas juga didakwa bersalah, karena para suporternya berangkat dari Turki dengan membawa kembang api, melemparkan benda asing ke lapangan dan kerumunan suporter yang lakukan gangguan kenyamanan.

Namun, otoritas sepakbola Eropa itu belum tetapkan kapan sidang kasus Lyon-Besiktas ini akan digelar, untuk tentukan sanksi terhadap kedua tim.

Lyon pastinya akan dituntut untuk pengorganisasian yang buruk, karena dinilai lalai hingga terjadi kerusuhan antarpenonton. Klub kemungkinan akan terkena sanksi denda terkait invasi yang dilakukan suporter ke dalam lapangan sebelum kick-off. Apalagi, fans Besiktas juga beberapa kali melemparkan kembang api ke arah lapangan.

Dalam insiden ini presiden Lyon, Jean Michel Aulas, sampai harus turun ke lapangan dan berusaha menenangkan para suporter di stadion. Di samping itu, petugas polisi yang memang sudah disiagakan, sampai harus menghalau massa dengan tembakan gas air mata. Otoritas pertandingan bahkan mengaku, jumlah 500 personil keamanan yang biasa berjaga-jaga di dalam maupun luar pertandingan, kemarin jumlahnya dilipatgandakan untuk amankan pertandingan.

Di pertandingan sebelumnya, Besiktas bertemu Olympiakos, dan kedua klub bekerja sama dengan UEFA untuk mencegah para pendukung mereka bepergian dan membuat keonaran di pertandingan tersebut. Selanjutnya, di leg kedua, Besiktas akan jadi tuan rumah menjamu Lyon, setelah Lyon menang 2-1 di leg pertama.

LEAVE A REPLY