2 Tim Sepakbola Indonesia Siap Masuk BEI

693

Adubola.com – Dua klub sepakbola Indonesia dikabarkan siap melempar saham kepemilikan mereka di bursa saham. Hmm, kira-kira klub mana ya?

Liga Indonesia  - 2 Tim Sepakbola Indonesia Siap Masuk BEI

Adubola.com – Dua klub sepakbola Indonesia dikabarkan siap melempar saham kepemilikan mereka di bursa saham. Hmm, kira-kira klub mana ya?

Hal ini diungkapkan Dirut PT Bursa Efek Indonesia (PT BEI), Tito Sulistio, yang mengaku sudah ada dua klub sepakbola Indonesia yang ingin namanya terdaftar di pasar modal.

Namun, Tito belum mau ungkapkan nama kedua klub tersebut, yang menurutnya sudah siap untuk ikuti Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdananya.

Namun, Tito ungkapkan, dua klub itu sudah malang-melintang di berbagai liga besar di Indonesia. “Yang jelas, klub-klub itu sudah main di liga-liga besar di Indonesia. Tapi saya enggak bisa kasih tahu namanya, pokoknya dua klub itu bermarkas di Jawa,” ujar Tito Sulistio di Gedung BEI, Jakarta.

Saat ini, menurutnya, klub sepakbola Indonesia bisa saja masuk bursa efek. Tapi, minat mereka seringkali terbentur
masalah pembukuan keuangan. Apalagi, tak sedikit klub sepakbola di
Indonesia yang masih menganggap para pemainnya sebagai beban
operasional, karena harus keluarkan gaji untuk para pemain itu.

“Gaji akan langsung masuk biaya besar. Kalau di luar negeri, prinsipnya, para karyawan itu aset, gaji dinaikkan ke aset, lalu dijual lagi. Para pemain itu kan diperjualbelikan. Kalau cuma gaji saja, akuntansinya susah,” tambah Tito.

Selain itu, jika di luar negeri, sudah bukan hal aneh jika sebuah klub sepakbola jadi emiten di pasar modal. Bahkan, sampai saat ini, klub-klub sepakbola papan atas dan ternama di Eropa ‘merumput’ juga di pasar modal. Klub-klub itu di antaranya Manchester United, AS Roma, Borussia Dortmund, Lazio dan juga Juventus.

Rencananya, PT BEI akan meminta bantuan Ikatan
Akutan Indonesia (IAI) untuk dibuatkan Pernyataan Standar
Akutansi Keuangan (PSAK) untuk klub sepakbola.

Sejauh ini, klub yang kabarnya pernah ungkapkan minatnya untuk masuk lantai bursa adalah Persib Bandung. Kita tunggu saja kelanjutannya.. 

LEAVE A REPLY